RPP (Lesson Plan) untuk 2 Pertemuan RECOUNT TEXT KELAS 8 SMP


Assalamu'alaikum teman-temaaaaan ☺.
Haloooo Calon Guru maupun seorang Guru. Pastinya Guru memerluka RPP (Rencana Pelaksaan Pembelajaran) kan. Guru yang profesional dan bertanggung jawab pastilah Guru yang sudah mempersiapkan RPP sebelum mengajar.☺ Karenaaaaaaa dengan RPP, Pembelajaran dalam kelas bisa lebih teratur. ❤
Membuat RPP memang tidak mudah karena harus mencocokan KD terlebih dahulu, kemudian membuat Indikator dan Tujuan Pembelajaran yang harus memakai kata kerja yang bisa diukur. Kalian bisa cari di Taxonomy Blooms. Membuat tujuan pembelajarn juga harus/wajib terdapat unsur A (Audience), B (Behavior) , C (Condition), dan D (Degree). Dalam kegiatan juga inti harus sesuai dengan Tujuan Pembelajarn, supaya tujuan pembelajaran bisa tercapai. Ingat yaaa! Dalam Kurikulum 2013, Guru harus menerapkan (HOTS) High Order Thinking Skill pada siswa.

Ini adalah contoh RPP Recount Text yang saya buat dengan memakai format RPP dari SMP N 6 Yogyakarta. Semoga bermanfaat..

Check it out! ☺
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
Mata pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok
 Alokasi Waktu
:
:
:
:
:
SMP Negeri 6 Yogyakarta
Bahasa Inggris
VIII (delapan)/2 (dua)
Recount Text
6 jam pelajaran (3 pertemuan)


A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11     Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.11.1 Menentukan fungsi sosial dari teks recount sederhana lisan dan tulis terkait pengalaman pribadi di waktu lampau.
3.11.2 Mengidentifikasi struktur teks dari teks recount sederhana lisan dan tulis terkait pengalaman pribadi di waktu lampau.
3.11.3 Mengidentifakasi unsur kebahasaan dari teks recount sederhana lisan dan tulis terkait pengalaman pribadi di waktu lampau.
3.11.4 Menjodohkan gambar dengan kalimat yang sesuai lisan dan tulis untuk mendeskripsikan kegiatan yang terjadi di masa lampau dalam gambar.
3.11.5 Membandingkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan  beberapa teks personal recount lisan dan tulis.
4.11  Teks recount
4.11.1    Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount)
4.11.2  Menyusun teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.11.1.1 Melengkapi teks rumpang tentang personal recount secara tertulis terkait pengalaman pribadi di waktu lampau.
4.11. 2. 1  Menyusun kembali urutan teks personal recount secara tertulis terkait pengalaman pribadi di waktu lampau sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11.2.2 Menunjukkan hasil diskusi bersama kelompok, mengenai urutan teks personal recount lisan dan tulis terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana di depan kelas.
4.11.2  .3 Membuat komik sederhana secara tertulis tentang pengalaman atau kegiatan yang pernah dialami di masa lampau.  
4.11.2  .4 Menyajikan secara lisan hasil komik sederhana dan menceritakan ulang mengenai kegiatan atau pengalaman yang terjadi di masa lampau.

C.    Tujuan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
1.    Setelah mengamati sebuah video “Holiday in My Grandpa’s House”, peserta didik secara tertulis  mampu melengkapi teks rumpang dengan benar.
2.    Setelah mengamati video “Holiday in My Grandpa’s House”, peserta didik mampu menyebutkan secara lisan 3 kata kerja dalam bentuk lampau dan merubahnya menjadi kata kerja kesatu (Verb 1)dengan benar.
3.             Setelah membaca  percakapan “Classroom Competition”, melalui kegiatan “Listen and Match” peserta didik mampu  menjodohkan gambar dengan kalimat yang sesuai untuk mendiskripsikan  kegiatan yang terjadi dalam gambar tersebut dengan tepat.
                     
Pertemuan kedua
1.    Setelah mengamati contoh komik sederhana, peserta didik mampu membuat komik sederhana terkait pengalaman pribadi masing-masing di masa lampau dengan benar.
2.    Setelah membuat komik sederhana, peserta didik mampu menyajikan komik dan menceritakan ulang cerita pengalaman pribadi masing-masing dengan penuh percaya dri.

D.    Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran reguler
1.      Teks lisan dan tulis yang bertujuan untuk memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana.

Pertemuan pertama
Recount text
Retell the stories or activities in the past.

We started at early in the morning to go there. We only needed 45 minutes because the traffic was not too crowded. We brought some flowers to be sunk at the sea. Soon after we arrived at the beach we took our flowers and brought those at the bank of the beach. We pried deeply and put the flowers into the water. Sadly we saw them slowly going to the middle of the sea and disappeared.


Reorientation

It was a celebration for our successful project and also the celebration for the loss of our friend who was the leader of our team for that project.


Holiday in Parangtritis Beach

Orientation

It was Sunday in the last December 2016. We all had finished our project and that was the time to celebrate. We went to Parangtritis beach. We were 6 and we got there driving a car. We rent a car for a day.




Event

Actually there was nothing special from Parangtritis beach because we had already there for many times. But the beach was the reminder that we had a hard memory. Yes, our friend had gone and never would back. The purpose of our day off in Parangtritis beach was to pray for our missing friend.

 




















Pertemuan Kedua

Video : “Holiday in My Grandpa’s House”
                                                                                                        
Pertemuan Ketiga
My First Motorcycle
Orientation
One day, when I was ten years old, my father bought an old motorcycle. That was " Honda 75". I think it was small light object and easy to ride it. I persuaded my father to teach me to ride " Honda 75 ".

Events
Firstly, my father refused my request and promised that he would teach me two or three years later, but I still whimpered. Finally, my father surrendered and promised to teach me. He began to teach me riding the motorcycle around a field in my village. My father was very patient to give me some directions. I was very happy when I realized my ability to ride a motorcycle. " Yes, I can ".
One day later, when I was alone at home, I intended to try my riding ability. So, myself tried bravely. All ran fluently in the beginning, but when I was going back to my home and I passed through a narrow slippery street, I got nervous. I lost my control and I fell to the ditch.

Reorientation
After that, I told my father about the last accident. I imagined my father would be angry and never let me ride again. But the reality is exactly on the contrary, my father was very proud of me. He just gave me some advices and since that accident, I got my father's permission to ride motorcycle. 

2.      Fungsi social : Melaporkan, mengambil teladan, membanggakan
3.      Struktur teks dapat mencakup:
-                 orientasi
-                 urutan kejadian/kegiatan
-                 orientasi ulang
4.      Unsur kebahasaan
-    Kalimat deklaratif dan interogatif dalam Simple Past tense
-    Adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu: yesterday, last month, an hour ago, dan sebagainya.
-    Adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before, at last, finally, dan sebagainya.
-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi.
-     Ejaan dan tanda baca.
-    Tulisan tangan
Topik
Peristiwa, pengalaman yang terjadi di sekolah, rumah, dan yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
MATERI REMEDIAL
Unsur Kebahasaan: 
Tata bahasa
Recount Text
MATERI PENGAYAAN
Teks tulis dan lisan terkait personal recount yang dilakukan saat lampau. Peserta didik dapat membuat pertanyaan 5W + 1H dan memperoleh kosa kata baru yang berkaitan.

Fokus Penguatan Karakter
a.      Sikap Spiritual             : Bersyukur dan Bersemangat.
b.      Sikap Sosiak                : Percaya diri dan Kerja Sama.

1)      Metode, Model Dan Pendekatan Pembelajaran

1.      Pendekatan     : Saintifik
2.      Model              : Pembelajaran Saintifik, dengan sintak:
1)      Mengamati/mengobservasi
2)      Menanya
3)      Mengumpulkan informasi/ Data/ mencoba
4)      Menalar/mengasosiasi
5)      Mengkomunikasikan
6)      Mencipta

3.      Metode Pembelajaran:
a.      Snowball Throwing, Puzzle, Listen and Match, and Criss Cross Game.
b.      Diskusi, Individu dan Presentasi.

2)      Media Dan Alat Pembelajaran
1.      Media  : Power Point, Video, Komik dan Gambar.
2.      Alat     : spidol, Speaker dan LCD.



3)      Sumber Belajar
1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VII, Jakarta, Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan.


-Video  Holiday in My Grandpa’s House”
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 2JP : 80 menit)
Bentuk Kegiatan
Langkah-Langkah kegiatan
Waktu
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberi salam (greeting).
2. Guru meminta siswa untuk memimpin doa sebelum memulai pembelajaran.
3.  Guru memeriksa kehadiran siswa.
4.  Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
5.  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
6.  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
10 menit
b.Kegiatan Inti































Kegitatan Penutup
Mengamati
1. Peserta didik mengamati sebuah video tentang cerita          sederhana terkait pengalaman pribadi di waktu lampau.
2. Peserta didik melengkapi teks rumpang mengenai cerita yang ditayangkan dalam video. 
3.  Peserta didik mencari kata kerja bentuk kedua dakam teks.
4. Peserta didik menuliskan kata kerja bentuk kedua dan mengubahnya menjadi kata kerja bentuk pertama.  



Menanya
1.      Peserta didik menanyakan beberapa hal terkait fungsi sosial yang belum dipahami atau yang ingin lebih diketahui dari video yang ditayangkan.
2. Peserta didik mempertanyakan kosa kata baru yang ada dalam video.
Mengumpulkan informasi
1.     Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok secara berhitung. Masing-masing kelompok terdiri dari 2 orang.
2.     Peserta didik membaca percakapan dengan kelompok terlebih dahulu.  
3. Peserta didik melakukan kegiatan “Listen and Match”.
4.  Peserta didik di dengarkan audio tentang kegiatan yang terjadi di masa lampau.
5.      Satu orang di setiap kelompok mencari potongan gambar yang telah disediakan di meja paling depan.
6. Satu orang di setiap kelompok mencari potongan teks yang telah disediakan di meja paling depan. 


1. Peserta didik dan guru membuat     rangkuman/simpulan pelajaran.
 2. Peserta didik dan guru melakukan refleksi  terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses     dan hasil pembelajaran.
4. Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual untuk mencari contoh percakapan dengan menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi.
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

   60 menit































10 menit











Pertemuan Kedua (2JP : 80 menit)  
Bentuk Kegiatan
Langkah-Langkah kegiatan
Waktu
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberi salam (greeting).
2. Guru meminta siswa untuk memimpin doa sebelum memulai pembelajaran.
3.    Guru memeriksa kehadiran siswa.
4.    Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
5.  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
6.          Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
10 menit
b.Kegiatan Inti






































Kegitatan Penutup

Mengumpulkan Informasi
1.      Dengan bimbingan dan arahan dari guru, peserta didik melakukan kegiatan Criss Cross Game.
2.      Peserta didik berdiri secara melingkar.
3.      Peserta didik mendengarkan musik dan menggerakan dadu ke teman yang lainnya. 
4.      Peserta didik yang memegang dadu terakhir saat musiknya dihentikan, akan memberi pertanyaan kepada peserta didik lain mengenai kegiatan yang dilakukan di masa lampau.

Menalar/Mengasosiasi
1.    Peserta didik melihat contoh komik sederhana. 
2.    Dengan bimbingan dan arahan dari guru, peserta didik secara individu menggambar komik berdasarkan cerita yang pernah dialami di masa lampau di kertas karton.
3.    Peserta didik membuat 5 pertanyaan berdasarkan cerita tersebut dengan menggunakan 5W+1H.
4.    Peserta didik menyiapkan diri untuk menunjukkan komik yang sudah dibuat dan menceritakan kembali cerita tersebut di depan kelas.

Mengomunikasikan
1. Sebelum memulai kegiatan presentasi, setiap orang diberikan bintang dengan jumlah yang sama.
2.        Peserta didik menujukkan komik yang sudah dibuat dan menceritakan ulang cerita tersebut di depan kelas.
3.      Setelah menceritakan ulang, peserta didik memberikan pertanyaan kepada peserta didik lain berdasarkan isi cerita yang sudah disampaikan.
4.      Peserta didik yang berhasil menjawab dengan benar akan mendapatkan satu bintang dari peserta didik penanya. 
5.      Peserta didik yang tidak berhasil menjawab dengan benar, harus memberikan satu bintang kepada kelompok penanya.

1. Peserta didik dan guru membuat     rangkuman/simpulan pelajaran.
 2. Peserta didik dan guru melakukan refleksi  terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses     dan hasil pembelajaran.
4. Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual untuk mencari contoh percakapan dengan menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi.
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

60 menit


































10 menit

4)      Penilaian Hasil  Pembelajaran

1.      Sikap spiritual
  1. Teknik Penilaian          : Observasi
  2. Instrumen                    : Lembar Observasi
  3. Contoh Instrumen       : Lihat Lampiran 11
  4. Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar Untuk Ranah Sikap

SIKAP

SKOR MODUS
PREDIKAT

4,00
SB
(Sangat Baik)
3,00
B
(Baik)
2,00
C
(Cukup)


2.      Sikap sosial
  1. Teknik Penilaian          : Observasi
  2. Instrumen                    : Lembar Observasi
  3. Contoh Instrumen       : Lihat Lampiran 12
  4. Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar untuk Ranah Sikap

SIKAP

SKOR MODUS
PREDIKAT

4,00
SB
(Sangat Baik)
3,00
B
(Baik)
2,00
C
(Cukup)












Skor Maksimal            : 4,00

e.       Pedoman Penilaian:

3.      Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian              : Tes Tertulis
b.      Bentuk Instrumen           : Jawaban  Singkat dan diskusi kelompok
Contoh Instrumen       :

Pertemuan 1
No.
Indikator Soal
Contoh Butir Soal
  1.






2.

 


3.



4.



5.



6.



7.



8.
 Disajikan teks terkait pengalaman pribadi seseorang di masa lampau, siswa dapat mengetahui fungsi sosial dari teks tersebut dengan benar.

Disajikan teks terkait pengalaman pribadi seseorang di masa lampau, siswa dapat menentukan informasi    rinci dalam text dengan      benar.

Disajikan teks terkait pengalaman pribadi seseorang di masa lampau, siswa dapat mengetahui struktur teks dari teks tersebut dengan benar.

Disajikan teks terkait pengalaman pribadi seseorang di masa lampau, siswa dapat menentukan gagasan    utama dalam text dengan tepat.

Disajikan teks terkait pengalaman pribadi seseorang di masa lampau, siswa dapat menentukan jawabannya dengan tepat.

Disajikan teks terkait pengalaman pribadi seseorang di masa lampau, siswa dapat menentukan informasi     rinci dalam text dengan      benar.

Disajikan teks terkait pengalaman pribadi seseorang di masa lampau, siswa dapat menentukan synonym    kata yang terdapat dalam     teks.

Disajikan teks terkait pengalaman pribadi seseorang di masa lampau, siswa dapat mengetahui unsur kebahasaan dari teks tersebut dengan benar.
Lampiran 13 No 1-2


Lampiran 13 No 3


Lampiran 13 No 4


Lampiran 13 No 5


Lampiran 13  No 6

Lampiran 13  No 7 dan 8


Lampiran 13 No 9


Lampiran 13  No 10

c.  Pedoman penskoran dan rubrik penilaian       :
Pedoman penskoran: Setiap soal jika benar skor 1, jika salah skor 0

4.      Keterampilan
a.       Teknik Penilaian          :  Unjuk Kerja
b.      Bentuk Instrumen       :  Praktik Keterampilan Berbicara
c.       Contoh Instrumen       :
Pertemuan 1
No
.
Indikator
Contoh Butir Soal
1.







2.







3.




Disajikan teks rumpang dengan pilihan kata kerja terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, peserta didik mampu melengkapi teks rumpang tersebut dengan tepat.

Disajikan urutan teks recount secara acak, peserta didik secara tertulis mampu menyusun kembali urutan teks tersebut dengan benar.

Peserta  didik mampu membuat komik sederhana terkait pengalaman pribadi masing-masing di masa lampau dengan benar.
Lampiran 14  (Ketrampilan Menulis)





Lampiran 14 (Ketrampilan Menulis)




Lampiran 14 (Ketrampilan Berbicara dan menulis)


d.      Pedoman penskoran dan rubrik penilaian ketrampilan menulis.
No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Skor
1
Ide dan Isi
Satu ide yang jelas, fokus, dan sesuai topik.  Semua detail konkret, menarik dan spesifik untuk mendukung ide.
5
Satu ide yang jelas, fokus dan sesuai topic. Adanya detail yang konkret, menarik dan spesifik untuk mendukung ide.
4
Secara umum, sesuai topic dan mengembangkan tema atau pesan yang jelas. Beberapa detail konkret dan beberapa masih bersifat umum.
3
Banyak teks bersifat mengulang dan seperti kumpulan ide yang tidak berhubungan. Kurang detail khusus dan banyak yang umum
2
Tidak fokus, benar-benar keluar dari ide, hal yang tidak teridentifikasi, panjang, dan tidak cukup dikembangkan. Detail tidak konsisiten.
1
2
Organisai
Pembukaan jelas dan menarik pembaca. Susunan paragraf, kalimat topic jelas, konsisten, dan kalimat kesimpulan yang jelas.
5
Pembukaan menarik pembaca. Setiap paragraf disusun dengan konsisten. Sebagian ide berhubungan secara logis. Akhir yang efektif.
4
Pembukaan yang efektif tetapi tidak menciptakan sense yang kuat. Semua bagian paragraph biasanya benar kecuali satu dua yang tidak sesuai.
3
Pembukaan yang lemah. Keterhubungan yang kurang logis. Akhir yang lemah. Hanya sedikit penggunaan transisi yang benar.
2
Awal yang tidak jelas. Kurangnya pengorganisasian secara umum. Urutan dan detail tidak beraturan. Akhir yang tidak sesuai. Tidak menggunakan transisi.
1

3
Penulisan kosa kata
Semua ditulis dengan kalimat lengkap. Menggunakan variasi kalimat secara konsisten (complex, compound dan simple).
5
Ada satu fragment dan penulisan kalimat tidak lengkap. Biasanya variasi tipe-tipe kalimat. Sebagian besar kalimat memiliki awal yang bervariasi.
4
Ada satu fragment dan penulisan kalimat tidak lengkap.Kadang-kadang menggunakan kalimat yang bervariasi. Beberapa variasi pada bagian awal kalimat.
3
Tulisan memiliki banyak fragment dan penulisan kalimat yang tidak lengkap. Hanya menggunakan kalimat simple dan compound. Sedikit variasi di awal kalimat.
2
Tidak ada sense penggunaan tanda baca dan kalimat. Hanya kalimat simple dan fragments. Semua kalimat memiliki awal yang sama.

1
4
Mekanik
Pengerjaan yang benar walaupun kata yang sulit. Tanda baca yang akurat, kreatif dan membimbing pembaca. Penerapan yang konsisten tentang kapitalisasi. Grammar dan usage benar.
5


Pengerjaan secara umum benar. Tanda baca secara umum benar. Kapitalisasi secara umum benar. Grammar dan usage benar.
4
Beberapa kata salah eja. Biasanya tanda baca bear. Kapitalisasi biasanya benar. Grammar dan usage biasanya benar.
3
Sering kesalahan dalam ejaan. Banyak tanda baca yang salah. Banyak kapitalisasi yang salah. Grammar dan usage sering salah.
2
Tulisan terlalu sulit dibaca, dipahami, dan diinterprestasikan karena banyak kesalahan spelling. Tanda baca tidak ada. Grammar dan usage hamper salah semua.
1

                     Skor Maksimal                           : 5
2)   Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara.
ASPEK
KETERANGAN
SKOR
Pelafalan
a.      Sangat jelas sehingga mudah dipahami
b.      Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
c.       Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
d.     Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
      4         
     3

      2

            1
Kosakata
a.      Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
b.      Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
c.       Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
d.     Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
      4

      3


      2

      1
Kelancaran
a.      Sangat lancar.
b.      Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
c.       Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
d.     Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.

      4
      3
     
      2

      1
Skor Maksimal                        : 4

Memeriksa dan Menyetujui
Kepala Sekolah



.................................................
NIP ..........................................
Yogyakarta, 22 September 2018
Guru Mata Pelajaran



              ………………………………
NIP ..........................................




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

RPP (Lesson Plan) Simple Past Tense SMP kelas 8. Lengkap dengan penilaian dan Lampiran-lampiran worksheet.

RPP PRESENT CONTINUOUS TENSE KELAS 8