RPP (Lesson Plan) untuk 2 Pertemuan RECOUNT TEXT KELAS 8 SMP
Assalamu'alaikum teman-temaaaaan ☺.
Haloooo Calon Guru maupun seorang Guru. Pastinya Guru memerluka RPP (Rencana Pelaksaan Pembelajaran) kan. Guru yang profesional dan bertanggung jawab pastilah Guru yang sudah mempersiapkan RPP sebelum mengajar.☺ Karenaaaaaaa dengan RPP, Pembelajaran dalam kelas bisa lebih teratur. ❤
Membuat RPP memang tidak mudah karena harus mencocokan KD terlebih dahulu, kemudian membuat Indikator dan Tujuan Pembelajaran yang harus memakai kata kerja yang bisa diukur. Kalian bisa cari di Taxonomy Blooms. Membuat tujuan pembelajarn juga harus/wajib terdapat unsur A (Audience), B (Behavior) , C (Condition), dan D (Degree). Dalam kegiatan juga inti harus sesuai dengan Tujuan Pembelajarn, supaya tujuan pembelajaran bisa tercapai. Ingat yaaa! Dalam Kurikulum 2013, Guru harus menerapkan (HOTS) High Order Thinking Skill pada siswa.
Ini adalah contoh RPP Recount Text yang saya buat dengan memakai format RPP dari SMP N 6 Yogyakarta. Semoga bermanfaat..
Check it out! ☺
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
Mata
pelajaran
Kelas/Semester
Materi
Pokok
Alokasi Waktu
|
:
:
:
:
:
|
SMP Negeri 6 Yogyakarta
Bahasa Inggris
VIII (delapan)/2 (dua)
Recount Text
6 jam pelajaran (3 pertemuan)
|
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.11 Membandingkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi
dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.11.1 Menentukan fungsi sosial dari teks recount sederhana lisan dan tulis terkait
pengalaman pribadi di waktu lampau.
3.11.2 Mengidentifikasi struktur
teks dari teks recount sederhana lisan dan tulis terkait
pengalaman pribadi di waktu lampau.
3.11.3 Mengidentifakasi unsur kebahasaan dari teks recount sederhana lisan dan tulis terkait
pengalaman pribadi di waktu lampau.
3.11.4 Menjodohkan
gambar dengan kalimat yang sesuai lisan dan tulis untuk mendeskripsikan kegiatan yang terjadi di masa
lampau dalam gambar.
3.11.5 Membandingkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan
beberapa teks personal recount lisan dan tulis.
|
4.11 Teks recount
4.11.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait
pengalaman pribadi di waktu lampau (personal
recount)
4.11.2 Menyusun teks
recount lisan dan tulis, sangat
pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount), dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks
|
4.11.1.1 Melengkapi teks rumpang tentang personal recount secara tertulis terkait
pengalaman pribadi di waktu lampau.
4.11. 2. 1 Menyusun
kembali urutan teks personal recount secara tertulis terkait
pengalaman pribadi di waktu lampau sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11.2.2 Menunjukkan hasil diskusi bersama kelompok,
mengenai urutan teks personal recount lisan dan tulis terkait
pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana di depan kelas.
4.11.2 .3 Membuat
komik sederhana secara tertulis tentang pengalaman atau kegiatan yang pernah
dialami di masa lampau.
4.11.2 .4 Menyajikan secara
lisan hasil komik sederhana dan menceritakan ulang mengenai kegiatan atau
pengalaman yang terjadi di masa lampau.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Setelah mengamati sebuah video “Holiday in My
Grandpa’s House”, peserta didik secara tertulis mampu melengkapi teks rumpang dengan benar.
2. Setelah mengamati video “Holiday in My
Grandpa’s House”, peserta didik mampu menyebutkan secara lisan 3 kata kerja
dalam bentuk lampau dan merubahnya menjadi kata
kerja kesatu (Verb 1)dengan benar.
3.
Setelah membaca
percakapan “Classroom Competition”, melalui kegiatan “Listen
and Match” peserta didik mampu menjodohkan
gambar dengan kalimat yang sesuai untuk mendiskripsikan kegiatan yang terjadi dalam gambar tersebut
dengan tepat.
Pertemuan kedua
1. Setelah mengamati contoh komik
sederhana, peserta didik mampu membuat komik sederhana terkait pengalaman
pribadi masing-masing di masa lampau dengan benar.
2. Setelah membuat komik
sederhana, peserta didik mampu menyajikan komik dan menceritakan ulang cerita
pengalaman pribadi masing-masing dengan penuh percaya dri.
D.
Materi
Pembelajaran
Materi pembelajaran
reguler
1.
Teks lisan
dan tulis yang bertujuan untuk memberi dan meminta informasi terkait pengalaman
pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana.
Pertemuan
pertama
Recount text
Retell
the stories or activities in the past.
We started at early in
the morning to go there. We only needed 45 minutes because the traffic was
not too crowded. We brought some flowers to be sunk at the sea. Soon after
we arrived at the beach we took our flowers and brought those at the bank
of the beach. We pried deeply and put the flowers into the water. Sadly we
saw them slowly going to the middle of the sea and disappeared.
|
Reorientation
It was a celebration for
our successful project and also the celebration for the loss of our friend
who was the leader of our team for that project.
|
Holiday in Parangtritis Beach
|
Orientation
It was
Sunday in the last December 2016. We all had finished our project and that was the time to
celebrate. We went to Parangtritis beach. We were 6 and we got there driving a
car. We rent a
car for a day.
|
Event
Actually there was
nothing special from Parangtritis beach because we had already there for
many times. But the beach was the reminder that we had a hard memory. Yes,
our friend had gone and never would back. The purpose of our day off in
Parangtritis beach was to pray for our missing friend.
|
Pertemuan Kedua
Video :
“Holiday in My Grandpa’s House”
Pertemuan Ketiga
My First Motorcycle
Orientation
One day, when I was ten years old, my father
bought an old motorcycle. That was " Honda 75". I think it was small
light object and easy to ride it. I persuaded my father to teach me to ride
" Honda 75 ".
Events
Firstly, my father refused my request and promised
that he would teach me two or three years later, but I still whimpered.
Finally, my father surrendered and promised to teach me. He began to teach me riding the motorcycle
around a field in my village. My father was very patient to give me some directions.
I was very happy when I realized my ability to ride a motorcycle. " Yes, I
can ".
One day later, when I was alone at home, I
intended to try my riding ability. So, myself tried bravely. All ran fluently
in the beginning, but when I was going back to my home and I passed through a
narrow slippery street, I got nervous. I lost my control and I fell to the
ditch.
Reorientation
After that, I told my father about the last
accident. I imagined my father would be angry and never let me ride again. But
the reality is exactly on the contrary, my father was very proud of me. He just
gave me some advices and since that accident, I got my father's permission to
ride motorcycle.
2.
Fungsi social
: Melaporkan, mengambil teladan, membanggakan
3. Struktur teks dapat mencakup:
-
orientasi
-
urutan kejadian/kegiatan
-
orientasi ulang
4. Unsur kebahasaan
- Kalimat
deklaratif dan interogatif dalam Simple
Past tense
- Adverbia dan frasa
preposisional penujuk waktu: yesterday,
last month, an hour ago, dan
sebagainya.
- Adverbia
penghubung waktu: first, then, after that,
before, at last, finally, dan sebagainya.
- Nomina singular dan plural
dengan atau tanpa a, the, this, those,
my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata,
intonasi.
- Ejaan dan tanda baca.
- Tulisan tangan
Topik
Peristiwa, pengalaman yang terjadi di sekolah, rumah, dan
yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat
di KI
MATERI REMEDIAL
Unsur Kebahasaan:
Tata bahasa
Recount Text
MATERI PENGAYAAN
Teks tulis dan lisan terkait personal recount yang dilakukan saat lampau.
Peserta didik dapat membuat pertanyaan 5W + 1H dan memperoleh kosa kata baru yang berkaitan.
Fokus Penguatan Karakter
a. Sikap Spiritual : Bersyukur dan Bersemangat.
b. Sikap Sosiak : Percaya diri dan Kerja Sama.
1)
Metode, Model Dan Pendekatan Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model
: Pembelajaran Saintifik,
dengan sintak:
1)
Mengamati/mengobservasi
2)
Menanya
3)
Mengumpulkan
informasi/ Data/ mencoba
4)
Menalar/mengasosiasi
5)
Mengkomunikasikan
6)
Mencipta
3.
Metode
Pembelajaran:
a.
Snowball Throwing, Puzzle, Listen and Match, and Criss
Cross Game.
b.
Diskusi, Individu dan Presentasi.
2)
Media Dan Alat Pembelajaran
1.
Media : Power Point, Video, Komik dan
Gambar.
2.
Alat :
spidol, Speaker dan LCD.
3)
Sumber Belajar
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VII, Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Internet : https://en.islcollective.com/resources/printables/worksheets_doc_docx/holiday_recount_frame/past-simple-holidays/39743
-Video “Holiday in My Grandpa’s House”
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 2JP : 80 menit)
Bentuk Kegiatan
|
Langkah-Langkah
kegiatan
|
Waktu
|
a. Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam (greeting).
2. Guru meminta siswa untuk memimpin doa sebelum memulai pembelajaran.
3.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
4.
Guru mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan.
5.
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
6.
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
|
10 menit
|
b.Kegiatan Inti
Kegitatan Penutup
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati
sebuah video tentang cerita sederhana terkait pengalaman
pribadi di waktu lampau.
2. Peserta didik melengkapi
teks rumpang mengenai cerita yang ditayangkan dalam video.
3. Peserta didik mencari kata kerja bentuk
kedua dakam teks.
4. Peserta didik menuliskan
kata kerja bentuk kedua dan mengubahnya menjadi kata kerja bentuk pertama.
Menanya
1. Peserta didik menanyakan
beberapa hal terkait fungsi sosial yang belum dipahami atau yang ingin lebih
diketahui dari video yang ditayangkan.
2. Peserta didik mempertanyakan kosa kata baru yang ada dalam video.
Mengumpulkan informasi
1.
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok secara berhitung. Masing-masing
kelompok terdiri dari 2 orang.
2.
Peserta didik membaca percakapan dengan kelompok terlebih dahulu.
3. Peserta didik melakukan kegiatan “Listen and Match”.
4. Peserta didik di dengarkan audio
tentang kegiatan yang terjadi di masa lampau.
5.
Satu orang di setiap kelompok mencari potongan gambar yang telah
disediakan di meja paling depan.
6. Satu orang di setiap kelompok
mencari potongan teks yang telah disediakan di meja paling depan.
1. Peserta didik dan
guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2. Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Melakukan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual untuk mencari contoh percakapan dengan
menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi.
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
|
60 menit
10 menit
|
Pertemuan Kedua (2JP : 80 menit)
Bentuk Kegiatan
|
Langkah-Langkah
kegiatan
|
Waktu
|
a. Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam (greeting).
2. Guru meminta siswa untuk memimpin doa sebelum memulai pembelajaran.
3.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
4. Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
5.
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
6.
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang garis besar cakupan
materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
|
10 menit
|
b.Kegiatan Inti
Kegitatan Penutup
|
Mengumpulkan Informasi
1.
Dengan bimbingan dan arahan dari guru, peserta didik melakukan kegiatan Criss
Cross Game.
2.
Peserta didik berdiri secara melingkar.
3.
Peserta didik mendengarkan musik dan menggerakan dadu ke teman yang
lainnya.
4.
Peserta didik yang memegang dadu terakhir saat musiknya dihentikan, akan
memberi pertanyaan kepada peserta didik lain mengenai kegiatan yang dilakukan
di masa lampau.
Menalar/Mengasosiasi
1. Peserta didik melihat contoh komik sederhana.
2. Dengan bimbingan dan arahan dari guru, peserta didik secara individu
menggambar komik berdasarkan cerita yang pernah dialami di masa lampau di
kertas karton.
3. Peserta didik membuat 5 pertanyaan berdasarkan cerita tersebut dengan
menggunakan 5W+1H.
4. Peserta didik menyiapkan diri untuk menunjukkan komik yang sudah dibuat
dan menceritakan kembali cerita tersebut di depan kelas.
Mengomunikasikan
1. Sebelum
memulai kegiatan presentasi, setiap orang diberikan bintang dengan jumlah
yang sama.
2.
Peserta didik menujukkan komik
yang sudah dibuat dan menceritakan ulang cerita tersebut di depan kelas.
3.
Setelah menceritakan ulang, peserta didik memberikan pertanyaan kepada peserta
didik lain berdasarkan isi cerita yang sudah disampaikan.
4.
Peserta didik yang berhasil menjawab dengan benar akan mendapatkan satu
bintang dari peserta didik penanya.
5.
Peserta didik yang tidak berhasil menjawab dengan benar, harus memberikan
satu bintang kepada kelompok penanya.
1. Peserta didik dan
guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2. Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Melakukan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual untuk mencari contoh percakapan dengan
menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi.
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
|
60 menit
10 menit
|
4)
Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Sikap spiritual
- Teknik Penilaian : Observasi
- Instrumen :
Lembar Observasi
- Contoh Instrumen : Lihat Lampiran 11
- Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar Untuk Ranah Sikap
SIKAP
|
||
SKOR MODUS
|
PREDIKAT
|
|
4,00
|
SB
(Sangat Baik)
|
|
3,00
|
B
(Baik)
|
|
2,00
|
C
(Cukup)
|
2. Sikap sosial
- Teknik Penilaian : Observasi
- Instrumen :
Lembar Observasi
- Contoh Instrumen :
Lihat Lampiran 12
- Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar untuk Ranah Sikap
SIKAP
|
||
SKOR MODUS
|
PREDIKAT
|
|
4,00
|
SB
(Sangat Baik)
|
|
3,00
|
B
(Baik)
|
|
2,00
|
C
(Cukup)
|
Skor Maksimal :
4,00
e.
Pedoman Penilaian:
3. Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk Instrumen :
Jawaban Singkat dan diskusi kelompok
Contoh Instrumen :
Pertemuan 1
No.
|
Indikator Soal
|
Contoh Butir Soal
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
Disajikan
teks terkait pengalaman pribadi seseorang di masa lampau, siswa dapat mengetahui fungsi sosial dari teks tersebut dengan
benar.
Disajikan teks terkait pengalaman pribadi seseorang di
masa lampau, siswa dapat menentukan informasi rinci dalam text dengan benar.
Disajikan teks terkait pengalaman pribadi seseorang di
masa lampau, siswa dapat
mengetahui struktur
teks dari teks tersebut dengan benar.
Disajikan teks terkait pengalaman pribadi seseorang di masa lampau, siswa
dapat menentukan gagasan utama dalam text dengan tepat.
Disajikan teks terkait pengalaman pribadi seseorang di
masa lampau, siswa dapat menentukan jawabannya dengan tepat.
Disajikan teks terkait pengalaman pribadi seseorang di
masa lampau, siswa dapat menentukan informasi rinci dalam text dengan benar.
Disajikan teks terkait pengalaman pribadi seseorang di
masa lampau, siswa
dapat menentukan synonym kata yang
terdapat dalam teks.
Disajikan teks terkait pengalaman pribadi seseorang di
masa lampau, siswa dapat
mengetahui unsur
kebahasaan dari teks tersebut dengan benar.
|
Lampiran 13 No 1-2
Lampiran 13 No 3
Lampiran 13 No 4
Lampiran 13 No 5
Lampiran 13 No 6
Lampiran 13 No 7 dan 8
Lampiran 13 No 9
Lampiran 13 No 10
|
c. Pedoman penskoran dan rubrik penilaian :
Pedoman penskoran: Setiap soal jika benar skor
1, jika salah skor 0
4. Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Unjuk Kerja
b.
Bentuk Instrumen : Praktik Keterampilan Berbicara
c.
Contoh Instrumen :
Pertemuan 1
No
.
|
Indikator
|
Contoh Butir Soal
|
1.
2.
3.
|
Disajikan teks rumpang dengan pilihan kata kerja terkait pengalaman
pribadi di waktu lampau, peserta didik mampu melengkapi teks rumpang tersebut
dengan tepat.
Disajikan urutan teks
recount secara
acak, peserta didik secara tertulis mampu menyusun kembali urutan teks tersebut dengan benar.
Peserta didik mampu membuat
komik sederhana terkait pengalaman pribadi masing-masing di masa lampau
dengan benar.
|
Lampiran 14
(Ketrampilan Menulis)
Lampiran 14 (Ketrampilan Menulis)
Lampiran 14 (Ketrampilan Berbicara dan menulis)
|
d.
Pedoman penskoran dan rubrik penilaian
ketrampilan menulis.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Ide
dan Isi
|
Satu
ide yang jelas, fokus, dan sesuai topik. Semua
detail konkret, menarik dan spesifik untuk mendukung ide.
|
5
|
Satu
ide yang jelas, fokus dan sesuai topic. Adanya detail yang konkret, menarik
dan spesifik untuk mendukung ide.
|
4
|
||
Secara
umum, sesuai topic dan mengembangkan tema atau pesan yang jelas. Beberapa
detail konkret dan beberapa masih bersifat umum.
|
3
|
||
Banyak
teks bersifat mengulang dan seperti kumpulan ide yang tidak berhubungan.
Kurang detail khusus dan banyak yang umum
|
2
|
||
Tidak
fokus, benar-benar keluar dari ide, hal yang tidak teridentifikasi, panjang,
dan tidak cukup dikembangkan. Detail tidak konsisiten.
|
1
|
||
2
|
Organisai
|
Pembukaan
jelas dan menarik pembaca. Susunan paragraf, kalimat topic jelas, konsisten,
dan kalimat kesimpulan yang jelas.
|
5
|
Pembukaan
menarik pembaca. Setiap paragraf disusun dengan konsisten. Sebagian ide
berhubungan secara logis. Akhir yang efektif.
|
4
|
||
Pembukaan
yang efektif tetapi tidak menciptakan sense yang kuat. Semua bagian paragraph
biasanya benar kecuali satu dua yang tidak sesuai.
|
3
|
||
Pembukaan
yang lemah. Keterhubungan yang kurang logis. Akhir yang lemah. Hanya sedikit
penggunaan transisi yang benar.
|
2
|
||
Awal
yang tidak jelas. Kurangnya pengorganisasian secara umum. Urutan dan detail
tidak beraturan. Akhir yang tidak sesuai. Tidak menggunakan transisi.
|
1
|
||
3
|
Penulisan kosa
kata
|
Semua
ditulis dengan kalimat lengkap. Menggunakan variasi kalimat secara konsisten
(complex, compound dan simple).
|
5
|
Ada satu fragment dan penulisan kalimat tidak lengkap. Biasanya variasi
tipe-tipe kalimat. Sebagian besar kalimat memiliki awal yang bervariasi.
|
4
|
||
Ada satu fragment dan penulisan kalimat tidak lengkap.Kadang-kadang
menggunakan kalimat yang bervariasi. Beberapa variasi pada bagian awal
kalimat.
|
3
|
||
Tulisan memiliki banyak fragment dan penulisan kalimat yang tidak
lengkap. Hanya menggunakan kalimat simple dan compound. Sedikit variasi di
awal kalimat.
|
2
|
||
Tidak ada sense penggunaan tanda baca dan kalimat. Hanya kalimat simple
dan fragments. Semua kalimat memiliki awal yang sama.
|
1
|
||
4
|
Mekanik
|
Pengerjaan yang benar walaupun kata yang sulit. Tanda baca yang akurat,
kreatif dan membimbing pembaca. Penerapan yang konsisten tentang
kapitalisasi. Grammar dan usage benar.
|
5
|
Pengerjaan secara umum benar. Tanda baca secara umum benar. Kapitalisasi
secara umum benar. Grammar dan usage benar.
|
4
|
||
Beberapa kata salah eja. Biasanya tanda baca bear. Kapitalisasi biasanya
benar. Grammar dan usage biasanya benar.
|
3
|
||
Sering kesalahan dalam ejaan. Banyak tanda baca yang salah. Banyak
kapitalisasi yang salah. Grammar dan usage sering salah.
|
2
|
||
Tulisan terlalu sulit dibaca, dipahami, dan diinterprestasikan karena
banyak kesalahan spelling. Tanda baca tidak ada. Grammar dan usage hamper
salah semua.
|
1
|
Skor
Maksimal : 5
2) Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara.
ASPEK
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
Pelafalan
|
a. Sangat jelas sehingga mudah dipahami
b. Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
c. Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu konsentrasi penuh
d. Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Kosakata
|
a. Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
b. Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus
menjelaskan lagi
c. Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
d. Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
4
3
2
1
|
Kelancaran
|
a. Sangat lancar.
b. Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
c. Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
d. Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin
terjadi.
|
4
3
2
1
|
Skor Maksimal :
4
Kepala Sekolah
.................................................
NIP ..........................................
|
Yogyakarta, 22 September 2018
Guru Mata Pelajaran
………………………………
NIP ..........................................
|
boleh liat lampirannya?
ReplyDelete2
DeleteYes, u may contact me via email 🙂
DeleteMiss, emailnya mana ya, mau minta lampiranya, terimkasih
DeleteBoleh lihat lampirannya?
Delete