RPP (Lesson Plan) Simple Past Tense SMP kelas 8. Lengkap dengan penilaian dan Lampiran-lampiran worksheet.
Assalamu'alaikum teman-temaaaaan ☺.
Haloooo Calon Guru maupun seorang Guru. Pastinya Guru memerluka RPP (Rencana Pelaksaan Pembelajaran) kan. Guru yang profesional dan bertanggung jawab pastilah Guru yang sudah mempersiapkan RPP sebelum mengajar.☺ Karenaaaaaaa dengan RPP, Pembelajaran dalam kelas bisa lebih teratur. ❤
Membuat RPP memang tidak mudah karena harus mencocokan KD terlebih dahulu, kemudian membuat Indikator dan Tujuan Pembelajaran yang harus memakai kata kerja yang bisa diukur. Kalian bisa cari di Taxonomy Blooms. Membuat tujuan pembelajarn juga harus/wajib terdapat unsur A (Audience), B (Behavior) , C (Condition), dan D (Degree). Dalam kegiatan juga inti harus sesuai dengan Tujuan Pembelajarn, supaya tujuan pembelajaran bisa tercapai. Ingat yaaa! Dalam Kurikulum 2013, Guru harus menerapkan (HOTS) High Order Thinking Skill pada siswa.
Ini adalah contoh RPP Simple Past Tense yang saya buat dengan memakai format RPP dari SMP N 6 Yogyakarta. Semoga bermanfaat..
Check it out! ☺
Haloooo Calon Guru maupun seorang Guru. Pastinya Guru memerluka RPP (Rencana Pelaksaan Pembelajaran) kan. Guru yang profesional dan bertanggung jawab pastilah Guru yang sudah mempersiapkan RPP sebelum mengajar.☺ Karenaaaaaaa dengan RPP, Pembelajaran dalam kelas bisa lebih teratur. ❤
Membuat RPP memang tidak mudah karena harus mencocokan KD terlebih dahulu, kemudian membuat Indikator dan Tujuan Pembelajaran yang harus memakai kata kerja yang bisa diukur. Kalian bisa cari di Taxonomy Blooms. Membuat tujuan pembelajarn juga harus/wajib terdapat unsur A (Audience), B (Behavior) , C (Condition), dan D (Degree). Dalam kegiatan juga inti harus sesuai dengan Tujuan Pembelajarn, supaya tujuan pembelajaran bisa tercapai. Ingat yaaa! Dalam Kurikulum 2013, Guru harus menerapkan (HOTS) High Order Thinking Skill pada siswa.
Ini adalah contoh RPP Simple Past Tense yang saya buat dengan memakai format RPP dari SMP N 6 Yogyakarta. Semoga bermanfaat..
Check it out! ☺
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
Mata pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi
Waktu
|
:
:
:
:
:
|
SMP Negeri 6 Yogyakarta
Bahasa Inggris
VIII (delapan)/2 (dua)
Past Tense
2 jam pelajaran (1 pertemuan)
|
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.10 Menerapkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin
maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense)
|
3.10.1 Mengidentifikasi
fungsi sosial teks yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau.
3.10.2 Mengidentifikasi struktur teks yang
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu
lampau.
3.10.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam
teks yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi
di waktu lampau.
3.10.4 Menyebutkan keterangan waktu yang sering digunakan dalam teks yang
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu
lampau.
3.10.5 Menentukan
kata kerja yang digunakan dalam teks yang
menyatakan dan menanyakan tindakan /kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu
lampau..
3.10.6 Menggunakan bentuk
kata kerja bantu past (did) yang digunakan dalam teks.
3.10.7 Memilih bentuk
kata kerja bantu (was,were) yang digunakan dalam kalimat nominal.
3.10.8 Menentukan Kalimat Positif, Negatif dan interogatif dalam bentuk Simple Past
Tense
|
4.10 Menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keadaan /tindakan/ kegiatan/kejadian yang
dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di
waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konte ks
|
4.10.1 Menyebutkan kata kerja
bentuk Past secara
lisan dalam sebuah word cloud.
4.10.2
Mengartikan kata kerja
bentuk Past secara
lisan yang sudah ditemukan dalam word cloud.
4.10.3
Setelah mengamati contoh penggunan teks Past Tense,
peserta didik mampu mengidentifikasi W-H
Questions dan Yes/No questions
dalam bentuk past tense dengan benar.
4.10.4
Melengkapi teks rumpang
secara tertulis mengenai tindakan/
kejadian yang terjadi di waktu lampau.
4.10.5
Mengecek kebenaran secara
tertulis dalam teks mengenai tindakan / kejadian yang terjadi di waktu
lampau.
4.10.6
Membuat
teks percakapan mengenai tindakan/ kejadian yang terjadi di waktu lampau.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Perteman Pertama
1.
Setelah
mengamati sebuah video, peserta didik mampu menentukan fungsi social, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dalam teks yang
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu
lampau sesuai
konteks penggunaanya dengan tepat.
2. Setelah
mengamati sebuah video, peserta didik mampu menyebutkan 3keterangan waktu yang sering
digunakan dalam teks yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau dengan tepat.
3. Dengan diperlihatkan
word cloud, perseta didik dapat
menyebutkan kata kerja bentuk past beserta artinya secara lisan dengan tepat.
4.
Setelah mengamati contoh penggunan teks Past Tense,
peserta didik mampu menggunakan bentuk kata kerja bantu past (did) yang digunakan dalam teks dengan benar.
5.
Setelah mengamati
contoh penggunaan teks Past Tense, peserta
didik dapat memilih bentuk kata kerja bantu (was,were) yang digunakan dalam kalimat nominal dengan benar.
6.
Setelah mengamati contoh penggunaan teks Past Tense, Peserta didik
mampu membuat kalimat positif / affirmative, negative , dan interrogative
dalam bentuk simple past tense.
Pertemuan Kedua
1.
Setelah mengamati contoh penggunan teks Past Tense,
peserta didik mampu mengidentifikasi W-H
Questions dan Yes/No questions
dalam bentuk past tense dengan benar.
2.
Melalui diskusi
kelompok, peserta didik mampu melengkapi
teks rumpang secara tertulis mengenai tindakan/ kejadian yang terjadi di waktu
lampau
sesuai konteks penggunaanya dengan tepat.
3. Melalu diskusi
kelompok peserta didik mampu mengecek kebenaran secara tertulis mengenai
tindakan/ kejadian yang terjadi di waktu lampau sesuai konteks penggunaanya
dengan benar.
4.
Setelah mengamati contoh penggunaan teks Past Tense,
peserta didik mampu membuat teks percakapan secara lisan mengenai tindakan/
kejadian yang terjadi di waktu lampau dengan benar dan percaya diri.
D.
Materi Pembelajaran
Materi
pembelajaran reguler
1.
Teks lisan
dan tulis yang bertujuan untuk untuk menunjukkan tindakan/kejadian yang dilakukan/berlangsung pada saat lampau
2. Fungsi social : Melaporkan,
menceritakan, menjelaskan kejadian yang dilakukan/terjadi, di waktu lampau.
3.
Struktur teks
What did you do last week? My mother and I went
shopping in the Luwes.; Who studied English in the class yesterday?; Lina
bought a new hat with her mother. dan semacamnya.
4.
Unsur kebahasaan
-Kalimat
deklaratif dan interogatif dalam bentuk Simple
Past Tense
-Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-Ucapan, tekanan kata, intonasi.
-Ejaan dan tanda baca
-Tulisan tangan
Topik
Kegiatan, tindakan yang (rutin) terjadi di masa lalu di
sekolah, rumah, dan sekitarnya yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
MATERI REMEDIAL
Unsur Kebahasaan:
Tata bahasa
Past Tense
MATERI PENGAYAAN
Teks tulis dan lisan yang menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang sedang dilakukan saat lampau dengan menggunakan bentuk pendek (contractions) dan penambahan
kosakata baru yang berkaitan.
E.
Metode, Model Dan Pendekatan Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model : Pembelajaran Saintifik, dengan sintak:
1)
Mengamati/mengobservasi
2)
Menanya
3)
Mengumpulkan informasi/ Data/ mencoba
4)
Menalar/mengasosiasi
5)
Mengkomunikasikan
6)
Mencipta
3.
Metode Pembelajaran:
a.
Tanya jawab
b.
Diskusi
c.
Demonstrasi
F.
Media Dan Alat Pembelajaran
1.
Media : Power Point, Mind Mapping, video,
dan Word Cloud
2.
Alat :
spidol dan LCD
G.
Sumber Belajar
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VII, Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Video
“What did you do yesterday?”
Langkah-Langkah Pembelajaran
Bentuk Kegiatan
|
Langkah-Langkah
kegiatan
|
Waktu
|
a. Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam (greeting).
2.
Guru meminta siswa untuk memimpin doa sebelum
memulai pembelajaran.
3.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
4.
Guru mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan.
5.
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
6.
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
|
10 menit
|
b.Kegiatan Inti
Kegitatan Penutup
|
Mengamati
1.
Peserta didik mengamati sebuah video percakapan tentang menanya dan
memberi informasi mengenai kegiatan yang dilakukan di masa lampau.
2.
Peserta didik mengidentifikasi kosa kata keterangan waktu
untuk menanya dan memberi informasi mengenai kegiatan yang dilakukan di masa
lampau yang terdapat dalam video.
3.
Peserta didik mengamati mind mapping yang berisi unsur kebahasaan
yang ada dalam past tense.
4.
Dengan pertanyaan pengarah dari guru, peserta didik mengidentifikasi kosa
kata, tata bahasa (penggunaan past tense), fungsi sosial, dan struktur teks
yang ditayangkan.
Menanya
1. Peserta didik menanyakan
beberapa hal terkait fungsi sosial yang belum dipahami atau yang ingin lebih
diketahui dari video yang ditayangkan.
2.
Peserta didik mempertanyakan kosa kata baru yang ada dalam video.
Mengumpulkan informasi
1.
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok secara berhitung. Masing-masing
kelompok terdiri dari 6 orang.
2.
Peserta didik diperlihatkan word cloud, masing-masing kelompok
berdiskusi mencari kata kerja bentuk pertama dan perubahannya dalam kata
kerja bentuk kedua. (Lampiran 2)
3.
peserta didik menuliskan kata kerja yang sudah ditemukan kedalam tabel
yang sudah disediakan. (Lampiran 3)
Menalar/Mengasosiasi
1.
Peserta didik mengisi kalimat rumpang dengan pilihan to be dalam Past
Tense. (Lampiran 4)
2.
Peserta didik dibagi menjadi kelompok yang berjumlah 3 orang. Peserta
didik membuat kalimat positif, negatif dan introgatif dalam bentuk simple
past tense. (lampiran 5)
Mengomunikasikan
1. Dengan bimbingan dan arahan dari guru, setiap kelompok yang dipilih oleh
guru menyebutkan kata kerja yang sudah ditemukan dalam word cloud. Kelompok
yang lain mendengarkan dan mengoreksi kata kerja yang sudah disebutkan oleh
kelompok lain.
2. Peserta didik menyerahkan
hasil pekerjaanya kepada teman sebangku.
3. Dengan bimbingan dan arahan dari guru,
Peserta didik membaca dan mengoreksi pekerjaan temannya.
4. Peserta didik mencari kalimat
positif/negatif/interogatif yang cocok dari kelompok lain sesuai dengan
gambar yang dipilih dalam bentuk past tense.
5. peserta didik membacakan kalimat yang sudah
dibuat dan kalimat dari teman yang sudah di koreksi.
1. Peserta didik dan
guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2. Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran.
4. Melakukan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual untuk mencari contoh percakapan dengan
menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi.
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
|
60 menit
10 menit
|
H.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Sikap spiritual
- Teknik Penilaian : Observasi
- Instrumen :
Lembar Observasi
- Contoh Instrumen : Lihat Lampiran 6
- Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar Untuk Ranah Sikap
SIKAP
|
||
SKOR MODUS
|
PREDIKAT
|
|
4,00
|
SB
(Sangat Baik)
|
|
3,00
|
B
(Baik)
|
|
2,00
|
C
(Cukup)
|
2. Sikap sosial
- Teknik Penilaian : Observasi
- Instrumen :
Lembar Observasi
- Contoh Instrumen :
Lihat Lampiran 7
- Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar untuk Ranah Sikap
SIKAP
|
||
SKOR MODUS
|
PREDIKAT
|
|
4,00
|
SB
(Sangat Baik)
|
|
3,00
|
B
(Baik)
|
|
2,00
|
C
(Cukup)
|
Skor
Maksimal : 4,00
e.
Pedoman Penilaian:
3. Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk Instrumen :
Jawaban Singkat dan diskusi kelompok
Contoh Instrumen :
No.
|
Indikator Soal
|
Contoh Butir Soal
|
1.
2.
3.
4. 2
4.
|
Disajikan sebuah dialok tentang
kegiatan yang sedang terjadi di masa lalu, siswa dapat mengetahui fungsi
sosial dari dialok tersebut dengan benar.
Disajikan word cloud, peserta didik
dapat menemukan kata kerja bentuk past tense.
Disajikan tabel, peserta didik menuliskan kata kerja
bentuk pertama dan perubahannya dalam bentuk past tense.
Disajikan ungkapan pernyataan tentang kegiatan yang
dilakukan di masa lalu dengan satu rumpang, peserta didik dapat
menentukan to be past yang tepat untuk melengkapi ungkapan tersebut.
|
Lampiran 1
Lampiran 2
Lampiran 3
Lampiran 4
|
c. Pedoman penskoran dan rubrik penilaian :
Pedoman penskoran: Setiap soal jika benar skor
1, jika salah skor 0
4. Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Unjuk Kerja
b.
Bentuk Instrumen : Praktik Keterampilan Menulis dan Berbicara
c.
Contoh Instrumen :
No
.
|
Indikator
|
Contoh Butir Soal
|
1
|
Disajikan sebuah gambar, peserta didik membuat
kalimat positif, negative dan interogatif sesuai dengan gambar.
|
Lampiran 5
|
d.
Pedoman penskoran dan rubrik penilaian :
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian isi
dengan tujuan penulisan pesan
|
100% isi sesuai
|
5
|
80% isi sesuai
|
4
|
||
60% isi sesuai
|
3
|
||
40% isi sesuai
|
2
|
||
20% isi sesuai
|
1
|
||
2
|
Pilihan kata
|
100% pilihan kata
tepat
|
5
|
80% pilihan kata tepat
|
4
|
||
60% pilihan kata tepat
|
3
|
||
40% pilihan kata tepat
|
2
|
||
20% pilihan kata tepat
|
1
|
||
3
|
Keterpaduan
kalimat
|
100% kalimat
terpadu dan runtut
|
5
|
80% kalimat terpadu dan runtut
|
4
|
||
60% kalimat terpadu dan runtut
|
3
|
||
40% kalimat terpadu dan runtut
|
2
|
||
20% kalimat terpadu dan runtut
|
1
|
||
4
|
Penulisan kosa
kata
|
100% penulisan
kosa kata tepat
|
5
|
80% penulisan kosa
kata tepat
|
4
|
||
60% penulisan kosa
kata tepat
|
3
|
||
40% penulisan kosa
kata tepat
|
2
|
||
20% penulisan kosa
kata tepat
|
1
|
||
5
|
Ketepatan tata
bahasa
|
100% penggunaan
tata bahasa tepat
|
5
|
80% penggunaan tata bahasa tepat
|
4
|
||
60% penggunaan tata bahasa tepat
|
3
|
||
40% penggunaan tata bahasa tepat
|
2
|
||
20% penggunaan tata bahasa tepat
|
1
|
||
6
|
Originalitas
penulisan
|
100% tulisan hasil
pemikiran sendiri
|
5
|
80% tulisan hasil pemikiran sendiri
|
4
|
||
60% tulisan hasil pemikiran sendiri
|
3
|
||
40% tulisan hasil pemikiran sendiri
|
2
|
||
20% tulisan hasil pemikiran sendiri
|
1
|
Skor
Maksimal : 5
2) Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara.
ASPEK
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
Pelafalan
|
a. Sangat jelas sehingga mudah dipahami
b. Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
c. Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu konsentrasi penuh
d. Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Tata bahasa
|
a. Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
b. Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
c. Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
d. Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Kosakata
|
a. Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
b. Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus
menjelaskan lagi
c. Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
d. Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
4
3
2
1
|
Kelancaran
|
a. Sangat lancar.
b. Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
c. Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
d. Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin
terjadi.
|
4
3
2
1
|
Skor Maksimal :
4
Kepala Sekolah
.................................................
NIP ..........................................
|
Yogyakarta, 26 Agustus 2018
Guru Mata Pelajaran
………………………………
NIP Siti Musthoriyah S.Pd
|
Lampiran 1
Material :
Video : “what did you do
yesterday?”
(cari di youtube yaaah)
(cari di youtube yaaah)
Mind Map
(silahkan buat sendiri. mudah kok!)
(silahkan buat sendiri. mudah kok!)
Pattern:
Verbal Sentence
(+) Subject + verb 2+ object
Fendi and Riko went to the
Hospital two hours ago.
(-) Subject + did + not + verb 1 + O
Fendi and Riko did not go to
the Hospital two hours ago.
(?) Did + subject + verb 1 + object
Did Fendi and Riko go to the
Hospital two hours ago?
Nominal Sentence
(+) Subject + was/were +
nominal
Naura was a nurse 2 years ago
(-) Subject + was/were + not +
nominal
Naura was not a nurse 2 years
ago
(?) Was/Were + subject + nominal
Was Naura a nurse 2 years ago?
Lampiran 2
(word cloud) buat sendiri mudah sekali... :-)
Find the verb 1 and its change
to verb 2!
Lampiran 3
Write the words that you have
found in these columns!
NO
|
VERB 1
|
VERB 2
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
||
6
|
||
7
|
||
8
|
||
9
|
||
10
|
||
11
|
||
12
|
||
13
|
||
14
|
||
15
|
||
16
|
||
17
|
||
18
|
||
19
|
Lampiran 4
Complete the sentence with
provided to be (was/were)!
- She ……… sad
yesterday.
- It……….. scared.
- They………cold two
hours ago.
- Ali….. sleepy last
night.
- The boys……. funny
.
- Layla and
Aylin………… at home.
- The animals ………
big.
- Funda………… on the
swing
- We ……. at school.
- I ………..at the park.
Lampiran 5
Get this picture and make a sentence from this picture.
(teman-teman) bisa mencari contoh gambar di internet bebas ya..
Lampiran
6
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
Kelas/Semester : VIII/2
Hari/Tanggal Pengisian : ....
Tahun Pelajaran :
....
Butir Nilai : Bersyukur dan bersemangat
Indikator Sikap :
A.
mengikuti kegiatan
pembelajaran dengan gembira;
B.
antusias dalam mengerjakan aktivitas di kelas;
C.
berpartisipasi aktif dalam kegiatan kegiatan di kelas;
D.
mengikuti kegiatan pembelajaran dengan bersungguh-sungguh.
Petunjuk Pengisian
Berdasarkan hasil observasi tentang
sikap spriritual peserta didik tuliskan skor tiap indikator pada kolom A, B, C, dan D pada Lembar Observasidengan
ketentuan sebagai berikut:
skor 4 apabila selalu melakukan
perilaku yang dinyatakan.
skor 3 apabila sering melakukan
perilaku yang dinyatakan.
skor 2 apabila kadang-kadang melakukan
perilaku yang dinyatakan.
skor 1apabila jarang-jarang melakukan
perilaku yang dinyatakan.
No.
|
Nama
|
Indikator
|
Predikat
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
||||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
|||||||
5.
|
|||||||
6.
|
|||||||
7.
|
|||||||
8.
|
|||||||
9.
|
|||||||
10.
|
|||||||
11.
|
|||||||
12.
|
|||||||
13.
|
|||||||
14.
|
|||||||
15.
|
|||||||
16.
|
|||||||
17.
|
|||||||
18.
|
|||||||
19.
|
|||||||
Dst.
|
Lampiran 7
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
Kelas/Semester : VIII/2
Hari/Tanggal Pengisian : ....
Tahun Pelajaran : ....
Butir Nilai : Percaya diri dan
disiplin
Indikator Sikap :
A. Berani
bertanya.
B. Berani menjawab
pertanyaan.
C. Berani
mengungkapkan pendapat.
D. Mengumpulkan
tugas tepat waktu
E.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik.
Petunjuk Pengisian
Berdasarkan hasil observasi tentang
sikap sosial peserta didik tuliskan skor tiap indikator pada kolom A, B, C, D dan E pada Lembar Observasidengan
ketentuan sebagai berikut:
skor 4 apabila selalu melakukan
perilaku yang dinyatakan.
skor 3 apabila sering melakukan
perilaku yang dinyatakan.
skor 2 apabila kadang-kadang melakukan
perilaku yang dinyatakan.
skor 1apabila jarang-jarang melakukan
perilaku yang dinyatakan.
No.
|
Nama
|
Indikator Percaya Diri
|
Indikator Percaya Diri
|
|||||||
A
|
B
|
C
|
*)Skor
|
Predikat
|
D
|
E
|
*)Skor
|
Predikat
|
||
1.
|
||||||||||
2.
|
||||||||||
3.
|
||||||||||
4.
|
||||||||||
5.
|
||||||||||
6.
|
||||||||||
7.
|
||||||||||
8.
|
||||||||||
9.
|
||||||||||
10.
|
||||||||||
11.
|
||||||||||
12.
|
||||||||||
13.
|
||||||||||
14.
|
||||||||||
15.
|
||||||||||
16.
|
||||||||||
17.
|
||||||||||
18.
|
||||||||||
Dst.
|
Skor Maksimal :
4
*)
Comments
Post a Comment