RPP (Lesson Plan) Simple Past Tense SMP kelas 8. Lengkap dengan penilaian dan Lampiran-lampiran worksheet.

Assalamu'alaikum teman-temaaaaan ☺.
Haloooo Calon Guru maupun seorang Guru. Pastinya Guru memerluka RPP (Rencana Pelaksaan Pembelajaran) kan. Guru yang profesional dan bertanggung jawab pastilah Guru yang sudah mempersiapkan RPP sebelum mengajar.☺ Karenaaaaaaa dengan RPP, Pembelajaran dalam kelas bisa lebih teratur. ❤
Membuat RPP memang tidak mudah karena harus mencocokan KD terlebih dahulu, kemudian membuat Indikator dan Tujuan Pembelajaran yang harus memakai kata kerja yang bisa diukur. Kalian bisa cari di Taxonomy Blooms. Membuat tujuan pembelajarn juga harus/wajib terdapat unsur A (Audience), B (Behavior) , C (Condition), dan D (Degree). Dalam kegiatan juga inti harus sesuai dengan Tujuan Pembelajarn, supaya tujuan pembelajaran bisa tercapai. Ingat yaaa! Dalam Kurikulum 2013, Guru harus menerapkan (HOTS) High Order Thinking Skill pada siswa.

Ini adalah contoh RPP Simple Past Tense yang saya buat dengan memakai format RPP dari SMP N 6 Yogyakarta. Semoga bermanfaat..
Check it out! ☺

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
Mata pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok
 Alokasi Waktu
:
:
:
:
:
SMP Negeri 6 Yogyakarta
Bahasa Inggris
VIII (delapan)/2 (dua)
Past Tense
2 jam pelajaran (1 pertemuan)


A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10     Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense)

3.10.1 Mengidentifikasi fungsi sosial teks yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau.

3.10.2   Mengidentifikasi struktur teks yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau.

3.10.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam  teks yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau.

3.10.4  Menyebutkan keterangan waktu yang  sering digunakan dalam teks yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau.

3.10.5   Menentukan kata kerja yang digunakan dalam teks yang menyatakan dan menanyakan tindakan /kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau..

3.10.6  Menggunakan bentuk  kata kerja bantu past (did) yang digunakan dalam teks.

3.10.7  Memilih bentuk  kata kerja bantu (was,were) yang digunakan dalam kalimat nominal.

3.10.8 Menentukan Kalimat Positif, Negatif dan  interogatif dalam  bentuk Simple Past Tense

4.10     Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait keadaan /tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konte ks
4.10.1 Menyebutkan kata kerja bentuk Past secara lisan dalam sebuah word cloud.  

4.10.2 Mengartikan kata kerja bentuk Past secara lisan yang sudah ditemukan dalam word cloud.

4.10.3    Setelah mengamati contoh penggunan teks Past Tense, peserta didik mampu mengidentifikasi W-H Questions dan  Yes/No questions dalam bentuk past tense dengan benar.

4.10.4     Melengkapi teks rumpang secara tertulis mengenai tindakan/ kejadian yang terjadi di waktu lampau.

4.10.5     Mengecek kebenaran secara tertulis dalam teks mengenai  tindakan / kejadian yang terjadi di waktu lampau.

4.10.6     Membuat teks percakapan mengenai tindakan/ kejadian yang terjadi di waktu lampau.

C.    Tujuan Pembelajaran
Perteman Pertama
1.    Setelah mengamati sebuah video, peserta didik mampu menentukan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan dalam  teks yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau sesuai konteks penggunaanya dengan tepat.
2.    Setelah mengamati sebuah video, peserta didik mampu menyebutkan 3keterangan waktu yang  sering digunakan dalam teks yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau dengan tepat.
3.    Dengan diperlihatkan word cloud, perseta didik dapat menyebutkan kata kerja bentuk past beserta artinya secara lisan dengan tepat.
4.    Setelah mengamati contoh penggunan teks Past Tense, peserta didik mampu menggunakan bentuk  kata kerja bantu past (did) yang digunakan dalam teks dengan benar.
5.    Setelah mengamati contoh penggunaan teks Past Tense, peserta didik dapat memilih bentuk  kata kerja bantu (was,were) yang digunakan dalam kalimat nominal dengan benar.
6.    Setelah mengamati contoh penggunaan teks Past Tense, Peserta didik mampu membuat kalimat positif / affirmative, negative , dan interrogative dalam bentuk simple past tense.
Pertemuan Kedua
1.      Setelah mengamati contoh penggunan teks Past Tense, peserta didik mampu mengidentifikasi W-H Questions dan  Yes/No questions dalam bentuk past tense dengan benar.
2.      Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu melengkapi teks rumpang secara tertulis mengenai tindakan/ kejadian yang terjadi di waktu lampau sesuai konteks penggunaanya dengan tepat.
3.    Melalu diskusi kelompok peserta didik mampu mengecek kebenaran secara tertulis mengenai tindakan/ kejadian yang terjadi di waktu lampau sesuai konteks penggunaanya dengan benar.
4.    Setelah mengamati contoh penggunaan teks Past Tense, peserta didik mampu membuat teks percakapan secara lisan mengenai tindakan/ kejadian yang terjadi di waktu lampau dengan benar dan percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran reguler
1.      Teks lisan dan tulis yang bertujuan untuk untuk menunjukkan tindakan/kejadian yang  dilakukan/berlangsung pada saat lampau
2.      Fungsi social : Melaporkan, menceritakan, menjelaskan kejadian yang dilakukan/terjadi, di waktu lampau.
3.      Struktur teks
What did you do last week? My mother and I went shopping in the Luwes.; Who studied English in the class yesterday?; Lina bought a new hat with her mother.  dan semacamnya.
4.      Unsur kebahasaan

-Kalimat deklaratif dan interogatif dalam bentuk Simple Past Tense
-Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-Ucapan, tekanan kata, intonasi.
-Ejaan dan tanda baca
-Tulisan tangan
Topik
Kegiatan, tindakan yang (rutin) terjadi di masa lalu di sekolah, rumah, dan sekitarnya yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

MATERI REMEDIAL
Unsur Kebahasaan: 
Tata bahasa
Past Tense


MATERI PENGAYAAN
Teks tulis dan lisan yang menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang sedang dilakukan saat lampau dengan menggunakan bentuk pendek (contractions) dan penambahan kosakata baru yang berkaitan.

E.     Metode, Model Dan Pendekatan Pembelajaran

1.      Pendekatan     : Saintifik
2.      Model              : Pembelajaran Saintifik, dengan sintak:
1)      Mengamati/mengobservasi
2)      Menanya
3)      Mengumpulkan informasi/ Data/ mencoba
4)      Menalar/mengasosiasi
5)      Mengkomunikasikan
6)      Mencipta

3.      Metode Pembelajaran:
a.       Tanya jawab
b.      Diskusi
c.       Demonstrasi

F.     Media Dan Alat Pembelajaran
1.      Media  : Power Point, Mind Mapping, video, dan Word Cloud
2.      Alat     : spidol dan LCD

G.    Sumber Belajar

1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VII, Jakarta, Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan.
2.    Video “What did you do yesterday?”
Langkah-Langkah Pembelajaran

Bentuk Kegiatan
Langkah-Langkah kegiatan
Waktu
a. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru memberi salam (greeting).
2.      Guru meminta siswa untuk memimpin doa sebelum memulai pembelajaran.
3.      Guru memeriksa kehadiran siswa.
4.      Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
5.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
6.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.

10 menit
b.Kegiatan Inti

















































Kegitatan Penutup

Mengamati
1.      Peserta didik mengamati sebuah video percakapan tentang menanya dan memberi informasi mengenai kegiatan yang dilakukan di masa lampau.
2.      Peserta didik mengidentifikasi kosa kata keterangan waktu untuk menanya dan memberi informasi mengenai kegiatan yang dilakukan di masa lampau yang terdapat dalam video.
3.      Peserta didik mengamati mind mapping yang berisi unsur kebahasaan yang ada dalam past tense.
4.      Dengan pertanyaan pengarah dari guru, peserta didik mengidentifikasi kosa kata, tata bahasa (penggunaan past tense), fungsi sosial, dan struktur teks yang ditayangkan.

Menanya
1.      Peserta didik menanyakan beberapa hal terkait fungsi sosial yang belum dipahami atau yang ingin lebih diketahui dari video yang ditayangkan.
2.      Peserta didik mempertanyakan kosa kata baru yang ada dalam video.

Mengumpulkan informasi
1.         Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok secara berhitung. Masing-masing kelompok terdiri dari 6 orang.
2.         Peserta didik diperlihatkan word cloud, masing-masing kelompok berdiskusi mencari kata kerja bentuk pertama dan perubahannya dalam kata kerja bentuk kedua.  (Lampiran 2)
3.         peserta didik menuliskan kata kerja yang sudah ditemukan kedalam tabel yang sudah disediakan.  (Lampiran 3)

Menalar/Mengasosiasi
1.          Peserta didik mengisi kalimat rumpang dengan pilihan to be dalam Past Tense.  (Lampiran 4)
2.             Peserta didik dibagi menjadi kelompok yang berjumlah 3 orang. Peserta didik membuat kalimat positif, negatif dan introgatif dalam bentuk simple past tense.  (lampiran 5)

Mengomunikasikan
1. Dengan bimbingan dan arahan dari guru, setiap kelompok yang dipilih oleh guru menyebutkan kata kerja yang sudah ditemukan dalam word cloud. Kelompok yang lain mendengarkan dan mengoreksi kata kerja yang sudah disebutkan oleh kelompok lain.
2. Peserta didik menyerahkan hasil pekerjaanya kepada teman sebangku.
3.  Dengan bimbingan dan arahan dari guru, Peserta didik membaca dan mengoreksi pekerjaan temannya.
4. Peserta didik mencari kalimat positif/negatif/interogatif yang cocok dari kelompok lain sesuai dengan gambar yang dipilih dalam bentuk past tense.
5. peserta didik membacakan kalimat yang sudah dibuat dan kalimat dari teman yang sudah di koreksi.

1. Peserta didik dan guru membuat     rangkuman/simpulan pelajaran.
 2. Peserta didik dan guru melakukan refleksi  terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses     dan hasil pembelajaran.
4. Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual untuk mencari contoh percakapan dengan menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi.
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

   60 menit

















































10 menit


H.    Penilaian Hasil  Pembelajaran

1.      Sikap spiritual
  1. Teknik Penilaian          : Observasi
  2. Instrumen                    : Lembar Observasi
  3. Contoh Instrumen       : Lihat Lampiran 6
  4. Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar Untuk Ranah Sikap

SIKAP

SKOR MODUS
PREDIKAT

4,00
SB
(Sangat Baik)
3,00
B
(Baik)
2,00
C
(Cukup)


2.      Sikap sosial
  1. Teknik Penilaian          : Observasi
  2. Instrumen                    : Lembar Observasi
  3. Contoh Instrumen       : Lihat Lampiran 7
  4. Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar untuk Ranah Sikap

SIKAP

SKOR MODUS
PREDIKAT

4,00
SB
(Sangat Baik)
3,00
B
(Baik)
2,00
C
(Cukup)













            Skor Maksimal            : 4,00

e.       Pedoman Penilaian:

3.      Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian              : Tes Tertulis
b.      Bentuk Instrumen           : Jawaban  Singkat dan diskusi kelompok

Contoh Instrumen       :
No.
Indikator Soal
Contoh Butir Soal
  1.



2.

 
3.
4.      2


4.




Disajikan sebuah dialok tentang kegiatan yang sedang terjadi di masa lalu, siswa dapat mengetahui fungsi sosial dari dialok tersebut dengan benar.
Disajikan word cloud, peserta didik dapat menemukan kata kerja bentuk past tense.  
Disajikan tabel, peserta didik menuliskan kata kerja bentuk pertama dan perubahannya dalam bentuk past tense.
Disajikan ungkapan pernyataan tentang kegiatan yang  dilakukan di masa lalu dengan satu rumpang, peserta didik dapat menentukan to be past yang tepat untuk melengkapi ungkapan tersebut.

Lampiran 1

Lampiran 2

Lampiran 3

Lampiran 4

c.  Pedoman penskoran dan rubrik penilaian       :
Pedoman penskoran: Setiap soal jika benar skor 1, jika salah skor 0


4.      Keterampilan
a.       Teknik Penilaian          :  Unjuk Kerja
b.      Bentuk Instrumen       :  Praktik Keterampilan Menulis dan Berbicara
c.       Contoh Instrumen       :
No
.
Indikator
Contoh Butir Soal
1

Disajikan sebuah gambar, peserta didik membuat kalimat positif, negative dan interogatif sesuai dengan gambar.
Lampiran 5

d.      Pedoman penskoran dan rubrik penilaian :

No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Keterpaduan kalimat
100% kalimat terpadu dan runtut
5
80%   kalimat terpadu dan runtut
4
60%   kalimat terpadu dan runtut
3
40%   kalimat terpadu dan runtut
2
20%   kalimat terpadu dan runtut
1

4
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
5
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1
6
Originalitas penulisan
100% tulisan hasil pemikiran sendiri
5
80%   tulisan hasil pemikiran sendiri
4
60%   tulisan hasil pemikiran sendiri
3
40%   tulisan hasil pemikiran sendiri
2
20%   tulisan hasil pemikiran sendiri
1
















                     























Skor Maksimal               : 5

2)   Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara.
ASPEK
KETERANGAN
SKOR
Pelafalan
a.      Sangat jelas sehingga mudah dipahami
b.      Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
c.       Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
d.     Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
      4         
      3

      2

            1
Tata bahasa
a.      Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
b.      Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
c.       Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
d.     Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
      4

      3

      2

      1
Kosakata
a.      Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
b.      Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
c.       Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
d.     Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
      4

      3


      2

      1
Kelancaran
a.      Sangat lancar.
b.      Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
c.       Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
d.     Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.

      4
      3
     
      2

      1
Skor Maksimal                        : 4




Memeriksa dan Menyetujui
Kepala Sekolah



.................................................
NIP ..........................................
Yogyakarta, 26 Agustus 2018
Guru Mata Pelajaran



              ………………………………
NIP Siti Musthoriyah S.Pd







Lampiran 1

Material :

Video : “what did you do yesterday?”
(cari di youtube yaaah)

 

Mind Map
(silahkan buat sendiri. mudah kok!)


Pattern:
Verbal Sentence

(+) Subject +  verb 2+ object
Fendi and Riko went to the Hospital two hours ago.

(-)  Subject + did + not + verb 1 + O
Fendi and Riko did not go to the Hospital two hours ago.

(?)  Did + subject + verb 1 + object
Did Fendi and Riko go to the Hospital two hours ago?

Nominal Sentence

(+) Subject + was/were + nominal
Naura was a nurse 2 years ago

(-) Subject + was/were + not + nominal
Naura was not a nurse 2 years ago

(?)  Was/Were + subject + nominal
Was Naura a nurse 2 years ago?


Lampiran 2
(word cloud) buat sendiri mudah sekali... :-)


Find the verb 1 and its change to verb 2!
Lampiran 3

Write the words that you have found in these columns!

NO
VERB 1
VERB 2
1


2


3


4


5


6


7


8


9


10


11


12


13


14


15


16


17


18


19




Lampiran 4

Complete the sentence with provided to be (was/were)!

  1. She ……… sad yesterday.
  2. It……….. scared.
  3. They………cold two hours ago.
  4. Ali….. sleepy last night.
  5. The boys……. funny .
  6. Layla and Aylin………… at home.
  7. The animals ……… big.
  8. Funda………… on the swing
  9. We ……. at school.
  10. I ………..at the park.

Lampiran 5

Get this picture and make a sentence from this picture.
(teman-teman) bisa mencari contoh gambar di internet bebas ya..


Lampiran 6

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)


Kelas/Semester                   : VIII/2
Hari/Tanggal Pengisian      : ....
Tahun Pelajaran                  : ....
Butir Nilai                          : Bersyukur dan bersemangat
Indikator Sikap                  :
A.    mengikuti kegiatan pembelajaran dengan gembira;
B.     antusias dalam mengerjakan aktivitas di kelas;
C.     berpartisipasi aktif dalam kegiatan kegiatan di kelas;
D.    mengikuti kegiatan pembelajaran dengan bersungguh-sungguh.

Petunjuk Pengisian
Berdasarkan hasil observasi tentang sikap spriritual peserta didik tuliskan skor tiap indikator pada kolom A, B, C, dan D pada Lembar Observasidengan ketentuan sebagai berikut:
skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
skor 1apabila jarang-jarang melakukan perilaku yang dinyatakan.

No.
Nama
Indikator
Predikat
A
B
C
D
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







10.







11.







12.







13.







14.







15.







16.







17.







18.







19.







Dst.







Lampiran 7

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)

Kelas/Semester                             : VIII/2
Hari/Tanggal Pengisian                 : ....
Tahun Pelajaran                            : ....
Butir Nilai                                     : Percaya diri dan disiplin
Indikator  Sikap                            :
A.    Berani bertanya.
B.     Berani menjawab pertanyaan.
C.     Berani mengungkapkan pendapat.
D.    Mengumpulkan tugas tepat waktu
E.     Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik. 

Petunjuk Pengisian
Berdasarkan hasil observasi tentang sikap sosial peserta didik tuliskan skor tiap indikator pada kolom A, B, C, D dan E pada Lembar Observasidengan ketentuan sebagai berikut:
skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
skor 1apabila jarang-jarang melakukan perilaku yang dinyatakan.

No.
Nama
Indikator Percaya Diri
Indikator Percaya Diri

A
B
C
*)Skor
Predikat
D
E
*)Skor
Predikat
1.










2.










3.










4.










5.










6.










7.










8.










9.










10.










11.










12.










13.










14.










15.










16.










17.










18.










Dst.










Skor Maksimal                        : 4
*)


Comments

Popular posts from this blog

RPP (Lesson Plan) untuk 2 Pertemuan RECOUNT TEXT KELAS 8 SMP

RPP PRESENT CONTINUOUS TENSE KELAS 8