RPP PRESENT CONTINUOUS TENSE KELAS 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
Mata
pelajaran
Kelas/Semester
Materi
Pokok
Alokasi Waktu
|
:
:
:
:
:
|
SMP Negeri 6 Yogyakarta
Bahasa Inggris
VIII (delapan)/2 (dua)
Present Continuous Tense
6 jam pelajaran (3 pertemuan)
|
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.8 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian yang sedang
dilakukan/berlangsung saat diucapkan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan present
continuous tense)
|
3.8.1 Mengidentifikasi fungsi sosial teks memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/berlangsung saat diucapkan,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8.2 Menganalisis struktur teks memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/berlangsung saat
diucapkan, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.8.3 Menelaah unsur kebahasaan teks memberi dan meminta
informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian yang sedang
dilakukan/berlangsung saat diucapkan, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.8 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat
pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung
saat diucapkan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.8.1 Membuat teks percakapan yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat
diucapkan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.8.2 Menyajikan teks percakapan yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang
dilakukan/ berlangsung saat diucapkan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Setelah mengamati video, peserta didik mampu:
·
Menentukan fungsi sosial dari present continuous tense dengan benar.
·
Menemukan
informasi umum dan spesifik dari percakapan yang terdapat dalam video dengan benar.
·
Menentukan kata kerja (verb) yang sesuai dengan video yang ditunjukkan dengan tepat.
2. Melalui diskusi secara berpasangan, peserta didik secara tertulis mampu
melengkapi kalimat rumpang dengan to be dan verb-ing berdasarkan gambar terkait
dengan aktivitas yang berlangsung pada saat ini sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3. Setelah
melakukan kegiatan “Board Game”, peserta didik secara lisan mampu membuat kalimat sesuai dengan gambar terkait tindakan/kejadian yang sedang
dilakukan/terjadi pada saat diucapkan dengan benar.
Pertemuan Kedua
1. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu:
·
Menentukan
bentuk kata kerja (verb) –ing dalam
sebuah word sheet terkait pengunaannya dalam
bentuk present continuous tense dengan benar.
·
Membuat kalimat yes/no questions terkait kejadian yang sedang
berlangsung pada saat ini dalam bentuk present continuous tense sesuai dengan konteks penggunaannya.
2. Melalui aktivitas kelas secara
berkelompok, peserta didik mampu membuat kalimat tulisan sederhana berdasarkan gambar terkait kejadian yang sedang
berlangsung pada saat ini dalam bentuk present continuous tense sesuai dengan konteks penggunaannya.
Pertemuan Ketiga
1. Setelah melakukan
kegiatan “Guessing Game”, peserta didik secara lisan mampu membuat
kalimat yes/no
questions sesuai gambar yang
sudah dipilih dengan benar.
2. Melalui Imagination Activity, peserta didik mampu membuat
dialok dalam bentuk present continuous tense terkait kegiatan yang
sedang dilakukan di suatu tempat sesuai tema yang diperoleh dengan benar.
3. Setelah mempersiapkan
diri, peserta didik mampu mempresentasikan hasil dialok yang telah dibuat
sesuai imajinasi masing-masing di depan kelas dengan penuh percaya diri.
D.
Materi
Pembelajaran
Materi pembelajaran
regular
Teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian yang sedang
dilakukan/berlangsung pada saat dibicarakan.
1.
Fungsi sosial
Menjelaskan dan mendeskripsikan
2.
Struktur teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
3.Unsur kebahasaan
-
Kalimat deklaratif dan interogatif dalam Present Continuous Tense
Kalimat
Positif (+)
|
Kalimat
Interogatif (?)
|
S + be (is/am/are) + present
continuous
|
menanyakan subject
·
Who/What + be (is/am/are) +
present continuous
|
menanyakan object
·
Who/What + be (is/am/are) + S +
present continuous
|
|
menanyakan adverb
·
When/Where/Why + be (is/am/are)
+ S + present continuous
·
How + adverb (well/fast/…) + be
(is/am/are) + S + present continuous
|
-Adverbia: now
-
Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
4.Topik
Kegiatan dan kejadian yang sedang berlangsung di rumah,
sekolah dan sekitarnya yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
MATERI REMEDIAL
Unsur Kebahasaan:
Tata bahasa
Present Continous Tense
MATERI PENGAYAAN
Teks tulis dan lisan yang menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang sedang dilakukan /berlangsung saat diucapkan, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan menggunakan bentuk pendek (contractions) dan penambahan
kosakata baru yang berkaitan.
Fokus Penguatan Karakter
a. Sikap Spiritual : Bersyukur dan Bersemangat.
b. Sikap Sosiak : Percaya diri dan Kerja Sama.
1)
Metode, Model Dan Pendekatan Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model
: Pembelajaran Saintifik,
dengan sintak:
1)
Mengamati/mengobservasi
2)
Menanya
3)
Mengumpulkan
informasi/ Data/ mencoba
4)
Menalar/mengasosiasi
5)
Mengkomunikasikan
6)
Mencipta
3.
Metode
Pembelajaran:
a.
Communicative Language Teaching
b.
Diskusi, Individu dan Dialok.
2)
Media Dan Alat Pembelajaran
1.
Media : Power Point, Video, Board
game, Kahoot Application dan Gambar.
2.
Alat :
spidol, Speaker dan LCD.
3)
Sumber Belajar
1. Wachidah,
Siti.dkk. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2017. Bahasa Inggris When English Rings a
Bell SMP/MTs Kelas VII, Jakarta, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang.
2.
Internet :
(Video lagu What Are You Doing?). Diakses pada 25 Oktober 2018.
(Video Present Continuous Tense, Yes
or No Questions). Di akses pada 24
Oktober 2018
-https://en.islcollective.com/resources/printables/worksheets_doc_docx/right_now_-_present_continuous/present-continuous-elementary/12327, copyright, 1mada.
(Worksheet Right Now, Present Continuous Tense). Diakses pada 25 Oktober 2018. (Modified)
3.
Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar sekolah dan rumah.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemua Pertama (2JP : 80 Menit)
Bentuk Kegiatan
|
Langkah-Langkah
kegiatan
|
Waktu
|
a. Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam (greeting).
2.
Guru meminta siswa untuk memimpin doa sebelum
memulai pembelajaran.
3.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
4.
Guru mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan dengan menayangkan video apersepsi yang ada kaitannya dengan
materi.
5.
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
6.
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
|
10 menit
|
b.Kegiatan Inti
Kegitatan Penutup
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati video tentang ungkapan menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian
yang sedang dilakukan /berlangsung
saat diucapkan. (Lampiran 1)
2.
Peserta didik menentukan true or false pada kalimat yang terdapat
dalam lembar kerja sesuai dengan informasi dari video. (Lampiran 1)
3.
Dengan pertanyaan pengarah dari guru, peserta didik berdiskusi dengan
teman sebangku untuk mengidentifikasi kosa kata, tata bahasa (penggunaan kata
kerja bentuk -ing), fungsi sosial, dan struktur teks yang ditayangkan.
Menanya
1. Peserta didik menanyakan beberapa
hal terkait fungsi sosial yang belum dipahami atau yang ingin lebih diketahui
dari video yang ditayangkan.
2.
Peserta didik mempertanyakan kosa kata baru yang ada dalam video.
Mengumpulkan informasi
1.
Peserta didik secara berpasangan berdiskusi
untuk melengkapi teks rumpang kalimat yang sesuai terkait kegiatan/aktivitas
yang sedang terjadi saat dibicarakan. (Lampiran 3)
2.
Peserta didik dibagi menjadi kelompok secara acak, masing-masing kelompok terdiri dari 4
orang.
3.
Peserta didik bermain board game.
(Lampiran 4)
Ketentuannya adalah:
· Jika pion dari salah satu anggota kelompok berhenti di salah satu kotak
bernomor, peserta didik tersebut diharuskan menyebutkan kalimat yang sesuai
dengan gambar yang diberikan tersebut dalam bentuk present continuous tense.
· Masing-masing kelompok bermain dan berdiskusi menyelesaikan board game ular tangga tersebut secara
bersama-sama hingga salah satu orang dalam kelompok memenangkan permainan
tersebut.
· Guru bersama peserta didik mendiskusikan gambar yang terdapat pada Board
Game.
1. Peserta didik dan guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2. Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di
rumah. (buku when English rings a bellp.118)
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
|
60 menit
10 menit
|
Pertemuan Kedua ( 2JP : 80 menit)
Bentuk Kegiatan
|
Langkah-Langkah
kegiatan
|
Waktu
|
a. Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam (greeting).
2. Guru meminta siswa untuk memimpin doa sebelum memulai pembelajaran.
4.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
5.
Guru mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan.
6.
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
7.
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
|
10 menit
|
b.Kegiatan Inti
Kegitatan Penutup
|
Mengumpulkan informasi
1.
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok secara berpasangan.
2.
Peserta didik diberikan sebuah worksheet berupa Guess
Who. (Lampiran 5 )
Ketentuannya adalah:
·
Masing-masing kelompok berdiskusi mencari tahu siapa nama orang pada
gambar yang telah dipilih oleh teman satu kelompoknya secara rahasia.
·
Peserta didik menebak dengan cara menanyakan tentang aktifitas yang
sedang dilakukan oleh seseorang dalam gambar tersebut.
·
Peserta didik secara berpasangan menjawab pertanyaan yang telah
disediakan berdasarkan gambar dalam worksheet.
Menalar/Mengasosiasi
1.
Peserta didik melakukan kegiatan Look Around.
Ketentuannya adalah:
·
Peserta didik diperlihatkan beberapa gambar yang menunjukkan aktivitas
berbeda-beda di sekeliling kelas.
·
Peserta didik secara berpasangan berkeliling di dalam kelas dan mengamati
gambar-gambar tersebut. (Lampiran 6)
2. Peserta didik secara berpasangan diberikan waktu selama 3 menit untuk
mengumpulkan informasi dan membuat kalimat present continuous tense berdasarkan gambar-gambar yang telah
dipilih.
1. Peserta didik dan
guru membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.
2. Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di
rumah. (buku when English rings a bell.120)
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
|
60 menit
10 menit
|
Pertemuan Ketiga ( 2JP : 80 menit)
Bentuk Kegiatan
|
Langkah-Langkah
kegiatan
|
Waktu
|
a. Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam (greeting).
2. Guru meminta siswa untuk memimpin doa sebelum memulai pembelajaran.
3. Guru memeriksa kehadiran siswa.
2.
Guru mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan.
3.
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
|
10 menit
|
b.Kegiatan Inti
Kegitatan Penutup
|
Mengasosiasi
1.
Peserta didik dibagi kelompok, masing-masing terdiri dari 2 orang.
2.
Peserta didik melakukan kegiatan “Guessing game”.
Ketentuannya adalah:
·
Peserta
didik memilih nomor cloud yang ditayangkan di screen. (Lampiran 7)
·
Peserta
didik melihat gambar yang ada di dalam cloud tanpa diperlihatkan kepada teman
sebangkunya, kemudian
peserta didik memperagakan
kegiatan sesuai gambar dalam cloud
yang sudah dibuka.
·
Peserta
didik menebak kegiatan dengan menggunakan kalimat “Yes or No Question”.
·
Jika
benar teman sebangku dan peserta didik lainnya menjawab “Yes” jika belum benar menjawab “No” dan peserta didik harus menebaknya lagi sampai benar.
3. Peserta didik diberikan contoh dialok secara acak. (Lampiran 8)
4. Peserta didik secara berpasangan mengurutkan dialok tersebut dengan
benar.
Mengomunikasikan
1.
Peserta didik dibagi menjadi kelompok yang berjumlah 2 orang.
2.
Peserta didik melakukan kegiatan Imagination Activity.
Ketentuannya adalah:
·
Peserta didik diberikan satu tema untuk semua kelompok.
·
Peserta didik dengan kelompoknya membayangkan jika mereka sedang berada
di tempat sesuai dengan tema yang didapatkan.
·
Peserta didik diberikan waktu maksimal 5 menit, untuk membuat konsep
sebuah percakapan menanya dan memberi informasi tentang kejadian yang
kemungkinan sedang terjadi atau yang mereka lihat saat berada di tempat
tersebut.
3. Peserta didik secara berpasangan melakukan kegiatan Role Play di depan kelas, menampilkan dialok mereka tanpa membaca dengan percaya diri di depan
kelas.
4.
Peserta didik yang lain mendengarkan dan memberikan tanggapan.
1. Peserta didik dan
guru membuat rangkuman/simpulan
pelajaran
dengan menggunakan aplikasi Kahoot! (Lampiran 14)
2. Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Guru memberikan tugas untuk dilakukan di
rumah. (buku when English rings a bell.119)
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
|
60 menit
10 menit
|
4)
Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Sikap spiritual
- Teknik Penilaian : Observasi
- Instrumen :
Lembar Observasi
- Contoh Instrumen : Lihat Lampiran 9
- Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar Untuk Ranah Sikap
SIKAP
|
||
SKOR MODUS
|
PREDIKAT
|
|
4,00
|
SB
(Sangat Baik)
|
|
3,00
|
B
(Baik)
|
|
2,00
|
C
(Cukup)
|
2. Sikap sosial
- Teknik Penilaian : Observasi
- Instrumen :
Lembar Observasi
- Contoh Instrumen :
Lihat Lampiran 10
- Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar untuk Ranah Sikap
SIKAP
|
||
SKOR MODUS
|
PREDIKAT
|
|
4,00
|
SB
(Sangat Baik)
|
|
3,00
|
B
(Baik)
|
|
2,00
|
C
(Cukup)
|
Skor Maksimal :
4,00
e.
Pedoman Penilaian:
3. Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk Instrumen :
Jawaban Singkat dan diskusi kelompok
Contoh Instrumen :
Pertemuan 1
No.
|
Indikator Soal
|
Contoh Butir Soal
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Disajikan gambar dan ungkapan
pernyataan tentang kegiatan yang sedang dilakukan dengan satu rumpang,
peserta didik dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapi ungkapan tersebut.
Disajikan sebuak
dialok tentang kegiatan yang sedang dilakukan, siswa dapat mengetahui fungsi sosial dari dialok tersebut dengan benar.
Disajikan ungkapan pernyataan tentang kegiatan yang
sedang dilakukan dengan satu rumpang, peserta didik dapat menentukan to be yang tepat untuk melengkapi ungkapan tersebut.
Disajikan sebuah
gambar, peserta didik dapat menentukan jawaban dari pertanyaan “yes or no question” sesuai
dengan gambar
Disajikan ungkapan pernyataan
tentang kegiatan yang sedang dilakukan dengan
satu rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan keterangan waktu yang
tepat.
Disajikan sebuah
gambar dan ungkapan pernyataan tentang kegiatan yang sedang dilakukan dengan
satu rumpang, peserta didik dapat menentukan kata kerja ing yang tepat untuk
melengkapi ungkapan tersebut.
Disajikan sebuah dialog rumpang, siswa dapat melengkapi to be dan kata kerja -ing dengan tepat.
|
Lihat Lamp. 11. No. 1
Lihat Lamp. 11. No.2
Lihat Lamp. 11. No.3 - 4
Lihat Lamp. 11. No.5 - 6
Lihat Lamp. 11. No.7 - 8
Lihat Lamp. 11. No.9
Lihat Lamp. 11. No.10
|
c. Pedoman penskoran dan rubrik penilaian :
SIKAP
|
PENGETAHUAN
|
||
SKOR MODUS
|
PREDIKAT
|
SKOR PERATA
|
PREDIKAT
|
4,00
|
SB
(SANGAT BAIK)
|
3,83 > x ≥ 4,00
|
A
|
3,50 > x ≥ 3,83
|
A-
|
||
3,00
|
B
(BAIK)
|
3,17 > x ≥ 3,50
|
B+
|
2,83 > x ≥ 3,17
|
B
|
||
2,00
|
C
(CUKUP)
|
2,50 > x ≥ 2,83
|
B-
|
2,17 > x ≥ 2,50
|
C+
|
Pedoman
penskoran: Setiap soal jika benar skor 1, jika salah skor 0
4. Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Unjuk Kerja
b.
Bentuk Instrumen : Praktik Keterampilan Berbicara
c.
Contoh Instrumen :
No
.
|
Indikator
|
Contoh Butir Soal
|
1.
|
Disajikan beberapa tema tentang suatu tempat, peserta didik secara berpasangan mampu membuat
dialok tentang kegiatan yang sedang dilakukannya atau orang lain di tempat sesuai tema yang sudah diperoleh.
|
Lihat lampiran 13
(Ketrampilan berbicara)
|
d.
Pedoman penskoran dan rubrik penilaian.
SIKAP
|
PENGETAHUAN
|
||
SKOR MODUS
|
PREDIKAT
|
SKOR PERATA
|
PREDIKAT
|
4,00
|
SB
(SANGAT BAIK)
|
3,83 > x ≥ 4,00
|
A
|
3,50 > x ≥ 3,83
|
A-
|
||
3,00
|
B
(BAIK)
|
3,17 > x ≥ 3,50
|
B+
|
2,83 > x ≥ 3,17
|
B
|
||
2,00
|
C
(CUKUP)
|
2,50 > x ≥ 2,83
|
B-
|
2,17 > x ≥ 2,50
|
C+
|
Pedoman penskoran: Setiap soal jika benar skor 1, jika
salah skor 0
e.
Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara.
ASPEK
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
Pengucapan
|
a. Hampir sempurna.
b. Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu
makna.
c. Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna.
d. Banyak kesalahan dan mengganggu makna.
|
4
3
2
1
|
Kosakata
|
a. Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
b. Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus
menjelaskan lagi
c. Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
d. Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
4
3
2
1
|
Kelancaran
|
a. Sangat lancar.
b. Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
c. Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
d. Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin
terjadi.
|
4
3
2
1
|
Tata Bahasa
|
a.
Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa.
b.
Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna.
c.
Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami.
d.
Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami.
|
4
3
2
1
|
Skor Maksimal :
4
Kepala Sekolah
.................................................
NIP ..........................................
|
Yogyakarta, 03 November 2018
Guru Mata Pelajaran
Siti
Musthoriyah
NIP ..........................................
|
good job ! do you englis gteacher in smp 6 jogja ?
ReplyDeletePPL Teacher at SMP 6 Yk
ReplyDeletewhere could I get the attachment, dear?
ReplyDeleteYou may contact me via email kak
DeleteHow do we get the attachment, please?
ReplyDeletecan i have this RPP?
ReplyDelete