RPP Recount Text kelas 8 SMP



Assalamu'alaikum teman-temaaaaan ☺.
Haloooo Calon Guru maupun seorang Guru. Pastinya Guru memerluka RPP (Rencana Pelaksaan Pembelajaran) kan. Guru yang profesional dan bertanggung jawab pastilah Guru yang sudah mempersiapkan RPP sebelum mengajar.☺ Karenaaaaaaa dengan RPP, Pembelajaran dalam kelas bisa lebih teratur. ❤
Membuat RPP memang tidak mudah karena harus mencocokan KD terlebih dahulu, kemudian membuat Indikator dan Tujuan Pembelajaran yang harus memakai kata kerja yang bisa diukur. Kalian bisa cari di Taxonomy Blooms. Membuat tujuan pembelajarn juga harus/wajib terdapat unsur A (Audience), B (Behavior) , C (Condition), dan D (Degree). Dalam kegiatan juga inti harus sesuai dengan Tujuan Pembelajarn, supaya tujuan pembelajaran bisa tercapai. Ingat yaaa! Dalam Kurikulum 2013, Guru harus menerapkan (HOTS) High Order Thinking Skill pada siswa.

Ini adalah contoh RPP Recount Text yang saya buat dengan memakai format RPP dari SMP N 6 Yogyakarta. Semoga bermanfaat..
Check it out! ☺
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
Mata pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok
 Alokasi Waktu
:
:
:
:
:
SMP Negeri 6 Yogyakarta
Bahasa Inggris
VIII (delapan)/2 (dua)
Recount Text
2 jam pelajaran (1 pertemuan)


A.    Kompetensi Inti
    1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
   2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4.      Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11     Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.11.1 Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari teks recount sederhana terkait pengalaman pribadi di waktu lampau.
3.11. 2  Melengkapi teks rumpang tentang personal recount secara tertulis terkait pengalaman pribadi di waktu lampau.
3.11.3 Mendeteksi fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan  beberapa teks personal recount terkait pengalaman pribadi di waktu lampau.
3.11.4  Menyebutkan  adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before, at last, finally, dan sebagainya.


4.11  Teks recount
4.11.1    Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount)
4.11.2  Menyusun teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.11.1.1 Menjelaskan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount sederhana terkait pengalaman pribadi di waktu lampau.
4.11. 2. 1  Menyusun kembali urutan teks personal recount terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11.2.2 Menunjukkan hasil diskusi bersama kelompok, mengenai urutan teks personal recount terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana di depan kelas.
4.11.2  .2 Membuat teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau

4.11.2  .3  Menyajikan teks recount lisan dan tulis, sangat  pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau.

C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.    Setelah mengamati sebuah video “My Birthday Party”, peserta didik mampu melengkapi teks rumpang secara tertulis tentang personal recount terkait pengalaman pribadi di waktu lampau.sesuai konteks penggunaanya dengan benar.
2.    Setelah mengamati video “My Birthday Party”, peserta didik mampu menyebutkan secara lisan 3 adverbia penghubung waktu seperti first, then, after that, before, at last, finally, dan lainnya dengan tepat.
3.    Setelah berdiskusi kelompok, peserta didik mampu menjelaskan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan secara lisan dari teks recount sederhana terkait pengalaman pribadi di waktu lampau dengan tepat.
4.    Setelah mengamati contoh teks recount, peserta didik mampu menyusun kembali urutan teks personal recount secara tertulis terkait pengalaman pribadi di waktu lampau sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
5.    Setelah berdiskusi kelompok, peserta didik mampu menunjukkan hasil diskusi bersama kelompok mengenai urutan teks personal recount secara lisan,  terkait pengalaman pribadi di waktu lampau di depan kelas dengan penuh percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran reguler
1.      Teks lisan dan tulis yang bertujuan untuk memberi dan meminta informasi terkait pengalamn pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana.


Video : “My Birthday Party?”

Recount text
Retell the stories or activities in the past.
The generic structure:
      1)       Orientation            : Introducing or give information about who, where, and when the activities or the   stories happened.
        2)       Events                    :Chronology of the story or activity
        3)       Re-orientation      : Reintroduce about activity or event which is told.  
Language features: 
              1)       Using past tense
2)       Conjunction
3)       Action verbs
2.      Fungsi social : Melaporkan, mengambil teladan, membanggakan
3.      Struktur teks dapat mencakup:
-                 orientasi
-                 urutan kejadian/kegiatan
-                 orientasi ulang
4.      Unsur kebahasaan
-    Kalimat deklaratif dan interogatif dalam Simple Past tense
-    Adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu: yesterday, last month, an hour ago, dan sebagainya.
-    Adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before, at last, finally, dan sebagainya.
-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi.
-     Ejaan dan tanda baca.
-    Tulisan tangan
Topik
Peristiwa, pengalaman yang terjadi di sekolah, rumah, dan yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
MATERI REMEDIAL
Unsur Kebahasaan: 
Tata bahasa
Recount Text
4)      Metode, Model Dan Pendekatan Pembelajaran

1.      Pendekatan     : Saintifik
2.      Model              : Pembelajaran Saintifik, dengan sintak:
1)      Mengamati/mengobservasi
2)      Menanya
3)      Mengumpulkan informasi/ Data/ mencoba
4)      Menalar/mengasosiasi
5)      Mengkomunikasikan
6)      Mencipta

3.      Metode Pembelajaran:
a.      Snowball Throwing
b.      Diskusi

5)      Media Dan Alat Pembelajaran
   1.      Media  : Power Point, Video.
   2.      Alat     : spidol dan LCD.

6)      Sumber Belajar
                     1.                                Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VII, Jakarta, Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaa
 2. Internet     : https://en.islcollective.com/resources/printables/worksheets_doc_docx/holiday_recount_frame/past-simple-holidays/39743
-Video  “My Birthday Party”
https://www.youtube.com/watch?v=wsS8S7CmMwM
Langkah-Langkah Pembelajaran
Bentuk Kegiatan
Langkah-Langkah kegiatan
Waktu
a. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru memberi salam (greeting).
2.      Guru meminta siswa untuk memimpin doa sebelum memulai pembelajaran.
3.      Guru memeriksa kehadiran siswa.
4.      Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
5.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
6.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
10 menit
b.Kegiatan Inti


















































Kegitatan Penutup

Mengamati
1.      Peserta didik mengamati sebuah video tentang  cerita sederhana terkait pengalaman pribadi di  waktu lampau.
2.      Peserta didik melengkapi teks rumpang mengenai cerita yang ditayangkan dalam video. (TASK 1)
3.      Dengan pertanyaan pengarah dari guru, peserta didik mengidentifikasi kosa kata, tata bahasa (penggunaan kata kerja bentuk kedua), fungsi sosial, dan struktur teks yang ditayangkan.

Menanya
1.       Peserta didik menanyakan beberapa hal terkait fungsi sosial yang belum dipahami atau yang ingin lebih diketahui dari video yang ditayangkan.
2.       Peserta didik mempertanyakan kosa kata baru yang ada dalam video.

Mengumpulkan informasi
1. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok secara berhitung. Masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang.
2. Peserta didik secara berkelompok mendeteksi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount sederhana terkait pengalaman pribadi di waktu lampau. (Task 2)
                                                                                                    3. Peserta didik mencari adverbia penghubung   yang digunakan dalam cerita yang ditayangkan dalam video, kemudian dituliskan ke dalam tabel.  (Task 3)
                                                                                                    4.  Setelah berdiskusi kelompok, peserta didik dipilih oleh guru untuk menjelaskan fungsi sosial/struktur teks/unsur kebahasaan secara  lisan dari  teks recount sederhana terkait pengalaman pribadi di waktu lampau dengan tepat.
5.  Setelah mengamati penjelasan dari kelompok lain, peserta didik membandingkan hasil diskusi kelompoknya dengan hasil diskusi dari kelompok lain. 
Menalar/Mengasosiasi
1.      Peserta didik dibagi menjadi kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang.
2.      Peserta didik diberikan potongan-potongan kertas yang berisi text dari paragraph   recount  sederhana terkait pengalaman pribadi di waktu lampau.
3.      Peserta didik menjawab pertanyaan dengan jawaban berdasarkan dari cerita recount sederhana terkait pengalaman pribadi di waktu lampau yang sudah disusun dengan benar. 

Mengomunikasikan
1.    Dengan bimbingan dan arahan dari guru, peserta didik dipilih berdasarkan “snowball throwing”. Guru melempar snowball kepada peserta didik. Peserta didik yang menangkapnya akan mewakili kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
2.   Peserta didik melemparkan snowball kearah kelompok lain, kemudian memberikan pertanyaan kepada peserta didik yang menangkap snowball. 
3.  Peserta didik yang menangkap snowball mewakili kelompok untuk menjawab pertanyaan dari peserta didik yang melempar snowball.

1. Peserta didik dan guru membuat     rangkuman/simpulan pelajaran.
 2. Peserta didik dan guru melakukan refleksi  terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses     dan hasil pembelajaran.
4. Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual untuk mencari contoh percakapan dengan menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi.
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

   60 menit


















































 10 menit


7)      Penilaian Hasil  Pembelajaran
1.      Sikap spiritual
  1. Teknik Penilaian          : Observasi
  2. Instrumen                    : Lembar Observasi
  3. Contoh Instrumen       : Lihat Lampiran 3
  4. Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar Untuk Ranah Sikap

SIKAP

SKOR MODUS
PREDIKAT

4,00
SB
(Sangat Baik)
3,00
B
(Baik)
2,00
C
(Cukup)


2.      Sikap sosial
  1. Teknik Penilaian          : Observasi
  2. Instrumen                    : Lembar Observasi
  3. Contoh Instrumen       : Lihat Lampiran 4
  4. Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar untuk Ranah Sikap

SIKAP

SKOR MODUS
PREDIKAT

4,00
SB
(Sangat Baik)
3,00
B
(Baik)
2,00
C
(Cukup)













            Skor Maksimal            : 4,00

e.       Pedoman Penilaian:
3.      Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian              : Tes Tertulis
b.      Bentuk Instrumen           : Jawaban  Singkat dan diskusi kelompok

Contoh Instrumen       :
No.
Indikator Soal
Contoh Butir Soal
  1.





2.

 



3
Disajikan teks rumpang, peserta didik melengkapi teks tersebut berdasarkan cerita dalam video yang ditayangkan.

Disajikan teks recount, peserta didik mencari kata kerja dalam bentuk past tense dan adverbia penghubung.

Disajikan tabel, peserta didik menuliskan kata kerja dalam bentuk past tense dan adverbia penghubung dalam cerita yang sudah ditemukan.
Task 1


Task 2


Task 3

c.  Pedoman penskoran dan rubrik penilaian       :
Pedoman penskoran: Setiap soal jika benar skor 1, jika salah skor 0

4.      Keterampilan
a.       Teknik Penilaian          :  Unjuk Kerja
b.      Bentuk Instrumen       :  Praktik Keterampilan Menulis dan Berbicara
c.       Contoh Instrumen       :

No
.
Indikator
Contoh Butir Soal
1.



2.
Disajikan potongan kertas berisi text paragraph recount, peserta didik menyusun kembali urutan cerita dengan benar.
Berdasarkan cerita yang telah disusun, peserta didik menjawab pertanyaan yang telah disediakan berdasarakan isi teks recount yang sudah disusun.
Task 4



Task 5

d.      Pedoman penskoran dan rubrik penilaian :
No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Keterpaduan kalimat
100% kalimat terpadu dan runtut
5
80%   kalimat terpadu dan runtut
4
60%   kalimat terpadu dan runtut
3
40%   kalimat terpadu dan runtut
2
20%   kalimat terpadu dan runtut
1

4
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
5
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1



                     


























Skor Maksimal               : 5

2)   Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara.
ASPEK
KETERANGAN
SKOR
Pelafalan
a.      Sangat jelas sehingga mudah dipahami
b.      Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
c.       Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
d.     Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
      4         
      3

      2

            1
Tata bahasa
a.      Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
b.      Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
c.       Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
d.     Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
      4

      3

      2

      1
Kosakata
a.      Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
b.      Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
c.       Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
d.     Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
      4

      3


      2

      1
Kelancaran
a.      Sangat lancar.
b.      Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
c.       Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
d.     Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.

      4
      3
     
      2

      1
Skor Maksimal                        : 4

Memeriksa dan Menyetujui
Kepala Sekolah



.................................................
NIP ..........................................
Yogyakarta, 15 September 2018
Guru Mata Pelajaran



            Siti Musthoriyah S.Pd
NIP ..........................................

Comments

Popular posts from this blog

RPP (Lesson Plan) Simple Past Tense SMP kelas 8. Lengkap dengan penilaian dan Lampiran-lampiran worksheet.

RPP (Lesson Plan) untuk 2 Pertemuan RECOUNT TEXT KELAS 8 SMP

RPP PRESENT CONTINUOUS TENSE KELAS 8