RPP Recount Text kelas 8 SMP
Haloooo Calon Guru maupun seorang Guru. Pastinya Guru memerluka RPP (Rencana Pelaksaan Pembelajaran) kan. Guru yang profesional dan bertanggung jawab pastilah Guru yang sudah mempersiapkan RPP sebelum mengajar.☺ Karenaaaaaaa dengan RPP, Pembelajaran dalam kelas bisa lebih teratur. ❤
Membuat RPP memang tidak mudah karena harus mencocokan KD terlebih dahulu, kemudian membuat Indikator dan Tujuan Pembelajaran yang harus memakai kata kerja yang bisa diukur. Kalian bisa cari di Taxonomy Blooms. Membuat tujuan pembelajarn juga harus/wajib terdapat unsur A (Audience), B (Behavior) , C (Condition), dan D (Degree). Dalam kegiatan juga inti harus sesuai dengan Tujuan Pembelajarn, supaya tujuan pembelajaran bisa tercapai. Ingat yaaa! Dalam Kurikulum 2013, Guru harus menerapkan (HOTS) High Order Thinking Skill pada siswa.
Ini adalah contoh RPP Recount Text yang saya buat dengan memakai format RPP dari SMP N 6 Yogyakarta. Semoga bermanfaat..
Check it out! ☺
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
Mata pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi
Waktu
|
:
:
:
:
:
|
SMP Negeri 6 Yogyakarta
Bahasa Inggris
VIII (delapan)/2 (dua)
Recount Text
2 jam pelajaran (1 pertemuan)
|
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.11 Membandingkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks personal recount lisan
dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di
waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.11.1 Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari
teks recount sederhana terkait pengalaman pribadi di waktu lampau.
3.11. 2
Melengkapi teks rumpang tentang personal recount secara tertulis terkait
pengalaman pribadi di waktu lampau.
3.11.3 Mendeteksi
fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks personal recount
terkait pengalaman pribadi di waktu lampau.
3.11.4 Menyebutkan adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before, at last, finally, dan sebagainya.
|
4.11 Teks recount
4.11.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait
pengalaman pribadi di waktu lampau (personal
recount)
4.11.2 Menyusun teks
recount lisan dan tulis, sangat
pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
4.11.1.1 Menjelaskan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount sederhana terkait
pengalaman pribadi di waktu lampau.
4.11. 2. 1 Menyusun
kembali urutan teks personal recount terkait pengalaman pribadi
di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11.2.2 Menunjukkan hasil diskusi bersama kelompok,
mengenai urutan teks personal recount terkait pengalaman
pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana di depan kelas.
4.11.2 .2 Membuat
teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait
pengalaman pribadi di waktu lampau
4.11.2 .3 Menyajikan teks recount lisan dan
tulis, sangat pendek dan sederhana,
terkait pengalaman pribadi di waktu lampau.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Setelah
mengamati sebuah video “My Birthday Party”, peserta didik mampu melengkapi teks
rumpang secara tertulis tentang personal
recount terkait pengalaman pribadi di
waktu lampau.sesuai konteks
penggunaanya dengan benar.
2. Setelah mengamati video “My Birthday Party”,
peserta didik mampu menyebutkan secara lisan 3 adverbia
penghubung waktu seperti first, then, after that,
before, at last, finally, dan lainnya dengan tepat.
3. Setelah berdiskusi kelompok,
peserta didik mampu menjelaskan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan secara lisan dari teks recount sederhana terkait pengalaman pribadi
di waktu lampau dengan tepat.
4.
Setelah
mengamati contoh teks recount, peserta didik mampu menyusun kembali
urutan teks personal recount secara tertulis terkait pengalaman
pribadi di waktu lampau sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
5.
Setelah berdiskusi kelompok,
peserta didik mampu menunjukkan hasil diskusi bersama kelompok mengenai urutan
teks personal recount secara lisan, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau di
depan kelas dengan penuh percaya diri.
D.
Materi Pembelajaran
Materi
pembelajaran reguler
1.
Teks lisan
dan tulis yang bertujuan untuk memberi dan meminta informasi terkait pengalamn
pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana.
Video : “My Birthday Party?”
Recount
text
Retell the
stories or activities in the past.
The generic
structure:
1) Orientation : Introducing or give information
about who, where, and when the activities or the stories happened.
2) Events :Chronology of the story or activity
3)
Re-orientation : Reintroduce
about activity or event which is told.
Language
features:
1) Using past tense
2)
Conjunction
3)
Action verbs
2.
Fungsi social
: Melaporkan, mengambil teladan, membanggakan
3. Struktur teks dapat mencakup:
-
orientasi
-
urutan kejadian/kegiatan
-
orientasi ulang
4. Unsur kebahasaan
- Kalimat
deklaratif dan interogatif dalam Simple
Past tense
- Adverbia dan frasa
preposisional penujuk waktu: yesterday,
last month, an hour ago, dan
sebagainya.
- Adverbia
penghubung waktu: first, then, after that,
before, at last, finally, dan sebagainya.
- Nomina singular dan plural
dengan atau tanpa a, the, this, those,
my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata,
intonasi.
- Ejaan dan tanda baca.
- Tulisan tangan
Topik
Peristiwa, pengalaman yang terjadi di sekolah, rumah, dan
yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat
di KI
MATERI REMEDIAL
Unsur Kebahasaan:
Tata bahasa
Recount Text
4)
Metode, Model Dan Pendekatan Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Saintifik
2.
Model : Pembelajaran Saintifik, dengan sintak:
1)
Mengamati/mengobservasi
2)
Menanya
3)
Mengumpulkan informasi/ Data/ mencoba
4)
Menalar/mengasosiasi
5)
Mengkomunikasikan
6)
Mencipta
3.
Metode Pembelajaran:
a.
Snowball Throwing
b.
Diskusi
5)
Media Dan Alat Pembelajaran
1.
Media : Power Point, Video.
2.
Alat :
spidol dan LCD.
6)
Sumber Belajar
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VII, Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa
2. Internet : https://en.islcollective.com/resources/printables/worksheets_doc_docx/holiday_recount_frame/past-simple-holidays/39743
-Video “My Birthday Party”
https://www.youtube.com/watch?v=wsS8S7CmMwM
Langkah-Langkah Pembelajaran
Bentuk Kegiatan
|
Langkah-Langkah kegiatan
|
Waktu
|
a. Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam (greeting).
2.
Guru meminta siswa untuk memimpin doa sebelum
memulai pembelajaran.
3.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
4.
Guru mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan.
5.
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
6.
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
|
10 menit
|
b.Kegiatan Inti
Kegitatan Penutup
|
Mengamati
1.
Peserta didik mengamati sebuah video tentang cerita sederhana terkait pengalaman pribadi di waktu lampau.
2.
Peserta didik melengkapi teks rumpang mengenai cerita yang ditayangkan
dalam video. (TASK 1)
3.
Dengan pertanyaan pengarah dari guru, peserta didik mengidentifikasi kosa
kata, tata bahasa (penggunaan kata kerja bentuk kedua), fungsi sosial, dan
struktur teks yang ditayangkan.
Menanya
1. Peserta didik menanyakan beberapa
hal terkait fungsi sosial yang belum dipahami atau yang ingin lebih diketahui
dari video yang ditayangkan.
2.
Peserta didik mempertanyakan kosa kata baru yang ada dalam video.
Mengumpulkan informasi
1. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok secara berhitung. Masing-masing
kelompok terdiri dari 5 orang.
2. Peserta didik secara berkelompok mendeteksi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount sederhana
terkait pengalaman pribadi di waktu lampau. (Task 2)
3. Peserta didik mencari adverbia penghubung yang digunakan dalam cerita yang
ditayangkan dalam video, kemudian dituliskan ke dalam tabel. (Task 3)
4. Setelah berdiskusi kelompok, peserta didik dipilih oleh guru untuk menjelaskan fungsi sosial/struktur teks/unsur
kebahasaan secara lisan dari teks recount sederhana terkait pengalaman
pribadi di waktu lampau dengan tepat.
5. Setelah mengamati penjelasan
dari kelompok lain, peserta didik membandingkan hasil diskusi kelompoknya dengan
hasil diskusi dari kelompok lain.
Menalar/Mengasosiasi
1.
Peserta didik dibagi menjadi kelompok, masing-masing kelompok terdiri
dari 5 orang.
2.
Peserta didik diberikan potongan-potongan kertas yang berisi text dari
paragraph recount
sederhana terkait pengalaman pribadi
di waktu lampau.
3.
Peserta didik menjawab pertanyaan dengan jawaban berdasarkan dari cerita recount
sederhana terkait pengalaman pribadi di waktu
lampau yang sudah disusun dengan benar.
Mengomunikasikan
1.
Dengan bimbingan dan arahan dari guru, peserta
didik dipilih berdasarkan “snowball throwing”. Guru melempar snowball
kepada peserta didik. Peserta didik yang menangkapnya akan mewakili
kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
2.
Peserta didik melemparkan snowball
kearah kelompok lain, kemudian memberikan pertanyaan kepada peserta didik
yang menangkap snowball.
3.
Peserta didik yang menangkap snowball mewakili kelompok untuk
menjawab pertanyaan dari peserta didik yang melempar snowball.
1. Peserta didik dan
guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2. Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas
individual
untuk mencari contoh percakapan dengan menggunakan ungkapan-ungkapan terkait
materi.
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
|
60 menit
10 menit
|
7)
Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Sikap spiritual
- Teknik Penilaian : Observasi
- Instrumen :
Lembar Observasi
- Contoh Instrumen : Lihat Lampiran 3
- Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar Untuk Ranah Sikap
SIKAP
|
||
SKOR MODUS
|
PREDIKAT
|
|
4,00
|
SB
(Sangat Baik)
|
|
3,00
|
B
(Baik)
|
|
2,00
|
C
(Cukup)
|
2. Sikap sosial
- Teknik Penilaian : Observasi
- Instrumen :
Lembar Observasi
- Contoh Instrumen :
Lihat Lampiran 4
- Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar untuk Ranah Sikap
SIKAP
|
||
SKOR MODUS
|
PREDIKAT
|
|
4,00
|
SB
(Sangat Baik)
|
|
3,00
|
B
(Baik)
|
|
2,00
|
C
(Cukup)
|
Skor
Maksimal : 4,00
e.
Pedoman Penilaian:
3. Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk Instrumen :
Jawaban Singkat dan diskusi kelompok
Contoh Instrumen :
No.
|
Indikator Soal
|
Contoh Butir Soal
|
1.
2.
3
|
Disajikan teks rumpang, peserta didik melengkapi teks tersebut berdasarkan cerita
dalam video yang ditayangkan.
Disajikan teks recount, peserta didik mencari kata
kerja dalam bentuk past tense dan adverbia penghubung.
Disajikan tabel, peserta didik menuliskan kata kerja
dalam bentuk past tense dan adverbia penghubung dalam cerita
yang sudah ditemukan.
|
Task 1
Task 2
Task 3
|
c. Pedoman penskoran dan rubrik penilaian :
Pedoman penskoran: Setiap soal jika benar skor
1, jika salah skor 0
4. Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Unjuk Kerja
b.
Bentuk Instrumen : Praktik Keterampilan Menulis dan Berbicara
c.
Contoh Instrumen :
No
.
|
Indikator
|
Contoh Butir Soal
|
1.
2.
|
Disajikan potongan kertas berisi text paragraph recount, peserta didik menyusun
kembali urutan cerita dengan benar.
Berdasarkan cerita yang telah disusun, peserta
didik menjawab pertanyaan yang telah disediakan berdasarakan isi teks recount
yang sudah disusun.
|
Task 4
Task 5
|
d.
Pedoman penskoran dan rubrik penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian isi
dengan tujuan penulisan pesan
|
100% isi sesuai
|
5
|
80% isi sesuai
|
4
|
||
60% isi sesuai
|
3
|
||
40% isi sesuai
|
2
|
||
20% isi sesuai
|
1
|
||
2
|
Pilihan kata
|
100% pilihan kata
tepat
|
5
|
80% pilihan kata tepat
|
4
|
||
60% pilihan kata tepat
|
3
|
||
40% pilihan kata tepat
|
2
|
||
20% pilihan kata tepat
|
1
|
||
3
|
Keterpaduan
kalimat
|
100% kalimat terpadu
dan runtut
|
5
|
80% kalimat terpadu dan runtut
|
4
|
||
60% kalimat terpadu dan runtut
|
3
|
||
40% kalimat terpadu dan runtut
|
2
|
||
20% kalimat terpadu dan runtut
|
1
|
||
4
|
Penulisan kosa
kata
|
100% penulisan
kosa kata tepat
|
5
|
80% penulisan kosa
kata tepat
|
4
|
||
60% penulisan kosa
kata tepat
|
3
|
||
40% penulisan kosa
kata tepat
|
2
|
||
20% penulisan kosa
kata tepat
|
1
|
||
5
|
Ketepatan tata
bahasa
|
100% penggunaan
tata bahasa tepat
|
5
|
80% penggunaan tata bahasa tepat
|
4
|
||
60% penggunaan tata bahasa tepat
|
3
|
||
40% penggunaan tata bahasa tepat
|
2
|
||
20% penggunaan tata bahasa tepat
|
1
|
Skor
Maksimal : 5
2) Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara.
ASPEK
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
Pelafalan
|
a. Sangat jelas sehingga mudah dipahami
b. Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
c. Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu konsentrasi penuh
d. Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Tata bahasa
|
a. Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
b. Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
c. Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
d. Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Kosakata
|
a. Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
b. Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus
menjelaskan lagi
c. Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
d. Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
4
3
2
1
|
Kelancaran
|
a. Sangat lancar.
b. Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
c. Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
d. Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin
terjadi.
|
4
3
2
1
|
Skor Maksimal :
4
Kepala Sekolah
.................................................
NIP ..........................................
|
Yogyakarta, 15 September 2018
Guru Mata Pelajaran
Siti Musthoriyah S.Pd
NIP ..........................................
|
Comments
Post a Comment