RPP PRESENT CONTINUOUS TENSE KELAS 8


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
Mata pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok
 Alokasi Waktu
:
:
:
:
:
SMP Negeri 6 Yogyakarta
Bahasa Inggris
VIII (delapan)/2 (dua)
Present Continuous Tense
6 jam pelajaran (3 pertemuan)


A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8  Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/berlangsung saat diucapkan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan present continuous tense)
3.8.1 Mengidentifikasi fungsi sosial teks memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/berlangsung saat diucapkan, sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.8.2 Menganalisis struktur teks memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/berlangsung saat diucapkan, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.8.3 Menelaah unsur kebahasaan teks memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/berlangsung saat diucapkan, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.8 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat diucapkan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.8.1    Membuat teks percakapan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat diucapkan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.8.2  Menyajikan teks percakapan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat diucapkan, dengan memperhatikan fungsi sosial,

C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.    Setelah mengamati video, peserta didik mampu:
·       Menentukan fungsi sosial dari present continuous tense dengan benar.
·      Menemukan informasi umum dan spesifik dari percakapan yang terdapat dalam video dengan benar.
·      Menentukan kata kerja (verb) yang sesuai dengan video yang ditunjukkan dengan tepat.
2.    Melalui diskusi secara berpasangan, peserta didik secara tertulis mampu melengkapi kalimat rumpang dengan to be dan verb-ing berdasarkan gambar terkait dengan aktivitas yang berlangsung pada saat ini sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.    Setelah melakukan kegiatan Board Game”, peserta didik secara lisan mampu membuat kalimat sesuai dengan gambar terkait tindakan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat diucapkan dengan benar.

Pertemuan Kedua
1.      Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu:
·      Menentukan bentuk kata kerja (verb) –ing dalam sebuah word sheet terkait pengunaannya dalam bentuk present continuous tense dengan benar.
·      Membuat kalimat yes/no questions terkait kejadian yang sedang berlangsung pada saat ini dalam bentuk present continuous tense sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.      Melalui aktivitas kelas secara berkelompok, peserta didik mampu membuat kalimat tulisan sederhana berdasarkan gambar terkait kejadian yang sedang berlangsung pada saat ini dalam bentuk present continuous tense sesuai dengan konteks penggunaannya.




Pertemuan Ketiga
1.    Setelah melakukan kegiatan “Guessing Game”, peserta didik secara lisan mampu membuat kalimat yes/no questions sesuai gambar yang sudah dipilih dengan benar.
2.    Melalui Imagination Activity, peserta didik mampu membuat dialok dalam bentuk present continuous tense terkait kegiatan yang sedang dilakukan di suatu tempat sesuai tema yang diperoleh dengan benar.
3.    Setelah mempersiapkan diri, peserta didik mampu mempresentasikan hasil dialok yang telah dibuat sesuai imajinasi masing-masing di depan kelas dengan penuh percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran regular
Teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/berlangsung pada saat dibicarakan.  
1.      Fungsi sosial
Menjelaskan dan  mendeskripsikan
2.      Struktur teks
-    Memulai
-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
3.Unsur kebahasaan
-    Kalimat deklaratif dan interogatif dalam Present Continuous Tense
Kalimat Positif (+)
Kalimat Interogatif (?)
S + be (is/am/are) + present continuous

menanyakan subject

·         Who/What + be (is/am/are) + present continuous

menanyakan object

·         Who/What + be (is/am/are) + S + present continuous

menanyakan adverb

·         When/Where/Why + be (is/am/are) + S + present continuous

·         How + adverb (well/fast/…) + be (is/am/are) + S + present continuous

-Adverbia: now
-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
4.Topik
Kegiatan dan kejadian yang sedang berlangsung di rumah, sekolah dan sekitarnya yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

MATERI REMEDIAL
Unsur Kebahasaan: 
Tata bahasa
Present Continous Tense

MATERI PENGAYAAN
Teks tulis dan lisan yang menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang sedang dilakukan /berlangsung saat diucapkan, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan menggunakan bentuk pendek (contractions) dan penambahan kosakata baru yang berkaitan.
Fokus Penguatan Karakter
a.      Sikap Spiritual             : Bersyukur dan Bersemangat.
b.      Sikap Sosiak                : Percaya diri dan Kerja Sama.

1)      Metode, Model Dan Pendekatan Pembelajaran

1.      Pendekatan     : Saintifik
2.      Model              : Pembelajaran Saintifik, dengan sintak:
1)      Mengamati/mengobservasi
2)      Menanya
3)      Mengumpulkan informasi/ Data/ mencoba
4)      Menalar/mengasosiasi
5)      Mengkomunikasikan
6)      Mencipta
3.      Metode Pembelajaran:
a.      Communicative Language Teaching
b.      Diskusi, Individu dan Dialok.












2)      Media Dan Alat Pembelajaran
1.      Media  : Power Point, Video, Board game, Kahoot Application dan Gambar.
2.      Alat     : spidol, Speaker dan LCD.

3)      Sumber Belajar
1.      Wachidah, Siti.dkk. Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VII, Jakarta, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang.
2.    Internet            :    
-https://www.youtube.com/watch?v=Ja0xp2j_JhM,copyright, English singsing
(Video lagu What Are You Doing?). Diakses pada 25 Oktober 2018.
(Video Present Continuous Tense, Yes or No Questions). Di akses pada 24 Oktober 2018
(Worksheet  Right Now, Present Continuous Tense). Diakses pada 25 Oktober 2018. (Modified)
3.    Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar sekolah dan rumah.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemua Pertama (2JP : 80 Menit)
Bentuk Kegiatan
Langkah-Langkah kegiatan
Waktu
a. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru memberi salam (greeting).
2.      Guru meminta siswa untuk memimpin doa sebelum memulai pembelajaran.
3.      Guru memeriksa kehadiran siswa.
4.      Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan menayangkan video apersepsi yang ada kaitannya dengan materi.
5.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
6.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.


10 menit
b.Kegiatan Inti




























Kegitatan Penutup

Mengamati
1.      Peserta didik mengamati video tentang ungkapan menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang sedang dilakukan /berlangsung saat diucapkan.                 (Lampiran 1)
2.      Peserta didik menentukan true or false pada kalimat yang terdapat dalam lembar kerja sesuai dengan informasi dari video.  (Lampiran 1)
3.      Dengan pertanyaan pengarah dari guru, peserta didik berdiskusi dengan teman sebangku untuk mengidentifikasi kosa kata, tata bahasa (penggunaan kata kerja bentuk -ing), fungsi sosial, dan struktur teks yang ditayangkan.

Menanya
1.       Peserta didik menanyakan beberapa hal terkait fungsi sosial yang belum dipahami atau yang ingin lebih diketahui dari video yang ditayangkan.
2.       Peserta didik mempertanyakan kosa kata baru yang ada dalam video.

Mengumpulkan informasi
1.      Peserta didik secara berpasangan berdiskusi untuk melengkapi teks rumpang kalimat yang sesuai terkait kegiatan/aktivitas yang sedang terjadi saat dibicarakan. (Lampiran 3)
2.      Peserta didik dibagi menjadi kelompok secara acak, masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang.
3.      Peserta didik bermain board game. (Lampiran 4)
Ketentuannya adalah:
·      Jika pion dari salah satu anggota kelompok berhenti di salah satu kotak bernomor, peserta didik tersebut diharuskan menyebutkan kalimat yang sesuai dengan gambar yang diberikan tersebut dalam bentuk present continuous tense.
·      Masing-masing kelompok bermain dan berdiskusi menyelesaikan board game ular tangga tersebut secara bersama-sama hingga salah satu orang dalam kelompok memenangkan permainan tersebut.
·      Guru bersama peserta didik mendiskusikan gambar yang terdapat pada Board Game.

1. Peserta didik dan guru membuat     rangkuman/simpulan   pelajaran.
 2. Peserta didik dan guru melakukan refleksi  terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses    dan hasil pembelajaran.
4. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah. (buku when English rings a bellp.118)
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
   60 menit





























10 menit






Pertemuan Kedua ( 2JP : 80 menit)
Bentuk Kegiatan
Langkah-Langkah kegiatan
Waktu
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberi salam (greeting).
2. Guru meminta siswa untuk memimpin doa sebelum memulai pembelajaran.
4.  Guru memeriksa kehadiran siswa.
5.  Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
6.  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
7.  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
10 menit
b.Kegiatan Inti





















Kegitatan Penutup
Mengumpulkan informasi
1.      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok secara berpasangan.
2.      Peserta didik diberikan sebuah worksheet berupa Guess Who. (Lampiran 5 )
Ketentuannya adalah:
·         Masing-masing kelompok berdiskusi mencari tahu siapa nama orang pada gambar yang telah dipilih oleh teman satu kelompoknya secara rahasia. 
·         Peserta didik menebak dengan cara menanyakan tentang aktifitas yang sedang dilakukan oleh seseorang dalam gambar tersebut.
·         Peserta didik secara berpasangan menjawab pertanyaan yang telah disediakan berdasarkan gambar dalam worksheet.

Menalar/Mengasosiasi
1.      Peserta didik melakukan kegiatan Look Around.
Ketentuannya adalah:
·         Peserta didik diperlihatkan beberapa gambar yang menunjukkan aktivitas berbeda-beda di sekeliling kelas.
·         Peserta didik secara berpasangan berkeliling di dalam kelas dan mengamati gambar-gambar tersebut. (Lampiran 6)
2. Peserta didik secara berpasangan diberikan waktu selama 3 menit untuk mengumpulkan informasi dan membuat kalimat present continuous tense berdasarkan gambar-gambar yang telah dipilih.

1. Peserta didik dan guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
 2. Peserta didik dan guru melakukan refleksi  terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses     dan hasil pembelajaran.
4. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah. (buku when English rings a bell.120)
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
   60 menit






















10 menit









Pertemuan Ketiga ( 2JP : 80 menit)
Bentuk Kegiatan
Langkah-Langkah kegiatan
Waktu
a. Kegiatan
Pendahuluan
1. Guru memberi salam (greeting).
2. Guru meminta siswa untuk memimpin doa sebelum memulai pembelajaran.
3. Guru memeriksa kehadiran siswa.
2.  Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
3.  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
10 menit
b.Kegiatan Inti

































Kegitatan Penutup
Mengasosiasi
1.     Peserta didik dibagi kelompok, masing-masing terdiri dari 2 orang.
2.     Peserta didik melakukan kegiatan “Guessing game”.
Ketentuannya adalah:
·         Peserta didik memilih nomor cloud yang                ditayangkan di    screen. (Lampiran 7)
·         Peserta didik melihat gambar yang ada di dalam     cloud tanpa diperlihatkan kepada teman                  sebangkunya, kemudian peserta didik                    memperagakan kegiatan sesuai gambar dalam        cloud yang sudah dibuka.
·         Peserta didik menebak kegiatan dengan                 menggunakan      kalimat “Yes or No Question”.
·         Jika benar teman sebangku dan peserta didik           lainnya       menjawab “Yes” jika belum   benar     menjawab “No” dan   peserta didik harus               menebaknya lagi sampai benar.
3. Peserta didik diberikan contoh dialok secara acak. (Lampiran 8)
4. Peserta didik secara berpasangan mengurutkan dialok tersebut dengan benar.

Mengomunikasikan
1.  Peserta didik dibagi menjadi kelompok yang berjumlah 2 orang.
2.  Peserta didik melakukan kegiatan Imagination Activity.
Ketentuannya adalah:
·           Peserta didik diberikan satu tema untuk semua kelompok.
·           Peserta didik dengan kelompoknya membayangkan jika mereka sedang berada di tempat sesuai dengan tema yang didapatkan.
·           Peserta didik diberikan waktu maksimal 5 menit, untuk membuat konsep sebuah percakapan menanya dan memberi informasi tentang kejadian yang kemungkinan sedang terjadi atau yang mereka lihat saat berada di tempat tersebut.
3. Peserta didik secara berpasangan melakukan kegiatan Role Play di depan kelas, menampilkan dialok mereka tanpa membaca dengan percaya diri di depan kelas.
4. Peserta didik yang lain mendengarkan dan memberikan tanggapan.

1. Peserta didik dan guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran dengan menggunakan aplikasi Kahoot! (Lampiran 14)
 2. Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Guru memberikan tugas untuk dilakukan di rumah. (buku when English rings a bell.119)
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
   60 menit


































10 menit










4)      Penilaian Hasil  Pembelajaran
1.      Sikap spiritual
  1. Teknik Penilaian          : Observasi
  2. Instrumen                    : Lembar Observasi
  3. Contoh Instrumen       : Lihat Lampiran 9
  4. Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar Untuk Ranah Sikap











SIKAP

SKOR MODUS
PREDIKAT

4,00
SB
(Sangat Baik)
3,00
B
(Baik)
2,00
C
(Cukup)


2.      Sikap sosial
  1. Teknik Penilaian          : Observasi
  2. Instrumen                    : Lembar Observasi
  3. Contoh Instrumen       : Lihat Lampiran 10
  4. Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar untuk Ranah Sikap

SIKAP

SKOR MODUS
PREDIKAT

4,00
SB
(Sangat Baik)
3,00
B
(Baik)
2,00
C
(Cukup)












Skor Maksimal            : 4,00

e.       Pedoman Penilaian:
3.      Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian              : Tes Tertulis
b.      Bentuk Instrumen           : Jawaban  Singkat dan diskusi kelompok
Contoh Instrumen       :
Pertemuan 1
No.
Indikator Soal
Contoh Butir Soal
  1.






2.

 


3.




4.



5.





6.




7.

 Disajikan gambar dan ungkapan pernyataan tentang kegiatan yang sedang dilakukan dengan satu rumpang, peserta didik dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapi ungkapan tersebut.

Disajikan sebuak dialok tentang kegiatan yang sedang dilakukan, siswa dapat mengetahui fungsi sosial dari dialok tersebut dengan benar.

Disajikan ungkapan pernyataan tentang kegiatan yang sedang dilakukan dengan satu rumpang, peserta didik dapat menentukan to be yang tepat untuk melengkapi ungkapan tersebut.

Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menentukan jawaban dari pertanyaan “yes or no question” sesuai dengan gambar

Disajikan ungkapan pernyataan tentang kegiatan yang sedang dilakukan dengan satu rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan keterangan waktu yang tepat.

Disajikan sebuah gambar dan ungkapan pernyataan tentang kegiatan yang sedang dilakukan dengan satu rumpang, peserta didik dapat menentukan kata kerja ing yang tepat untuk melengkapi ungkapan tersebut.

Disajikan sebuah dialog rumpang, siswa dapat melengkapi to be dan kata kerja -ing dengan tepat.
Lihat Lamp. 11. No. 1






Lihat Lamp. 11. No.2



Lihat Lamp. 11. No.3 - 4






Lihat Lamp. 11. No.5 - 6




Lihat Lamp. 11. No.7 - 8





Lihat Lamp. 11. No.9






Lihat Lamp. 11. No.10

c.  Pedoman penskoran dan rubrik penilaian       :
SIKAP
PENGETAHUAN
SKOR MODUS
PREDIKAT
SKOR PERATA
PREDIKAT
4,00
SB
(SANGAT BAIK)
3,83 > x ≥ 4,00
A
3,50 > x ≥ 3,83
A-
3,00
B
(BAIK)
3,17 > x ≥ 3,50
B+
2,83 > x ≥ 3,17
B
2,00
C
(CUKUP)
2,50 > x ≥ 2,83
B-
2,17 > x ≥ 2,50
C+
                  Pedoman penskoran: Setiap soal jika benar skor 1, jika salah skor 0

4.      Keterampilan
a.       Teknik Penilaian          :  Unjuk Kerja
b.      Bentuk Instrumen       :  Praktik Keterampilan Berbicara
c.       Contoh Instrumen       :
No
.
Indikator
Contoh Butir Soal
1.




Disajikan beberapa tema tentang suatu tempat, peserta didik secara berpasangan mampu membuat dialok tentang kegiatan yang sedang dilakukannya atau orang lain di tempat sesuai tema yang sudah diperoleh.
 Lihat lampiran 13

(Ketrampilan berbicara)

d.      Pedoman penskoran dan rubrik penilaian.
SIKAP
PENGETAHUAN
SKOR MODUS
PREDIKAT
SKOR PERATA
PREDIKAT
4,00
SB
(SANGAT BAIK)
3,83 > x ≥ 4,00
A
3,50 > x ≥ 3,83
A-
3,00
B
(BAIK)
3,17 > x ≥ 3,50
B+
2,83 > x ≥ 3,17
B
2,00
C
(CUKUP)
2,50 > x ≥ 2,83
B-
2,17 > x ≥ 2,50
C+
                  Pedoman penskoran: Setiap soal jika benar skor 1, jika salah skor 0


e.              Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara.
ASPEK
KETERANGAN
SKOR
Pengucapan
a.      Hampir sempurna.
b.      Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna.
c.       Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna.
d.     Banyak kesalahan dan mengganggu makna.
4
3

2

     1
Kosakata
a.      Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
b.      Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
c.       Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
d.     Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4

3


2

1
Kelancaran
a.      Sangat lancar.
b.      Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
c.       Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
d.     Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.

4
3

2

1
Tata Bahasa
a.    Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa.
b.    Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna.
c.    Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami.
d.   Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami.
4

3


2

1
                                    Skor Maksimal                        : 4

Memeriksa dan Menyetujui
Kepala Sekolah



.................................................
NIP ..........................................
Yogyakarta, 03 November 2018
Guru Mata Pelajaran



              Siti Musthoriyah
NIP ..........................................












                                                           





    

    





Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

RPP (Lesson Plan) Simple Past Tense SMP kelas 8. Lengkap dengan penilaian dan Lampiran-lampiran worksheet.

RPP (Lesson Plan) untuk 2 Pertemuan RECOUNT TEXT KELAS 8 SMP